Peristiwa

Geopark Kaldera Toba Menuju UNESCO Global Geopark



Geopark Kaldera Toba Menuju UNESCO Global Geopark
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Samosir, Manajer Geopark Kaldera Toba serta tim Perwakilan Universitas Parahyangan membahas pemenuhan rekomendasi UNESCO bagi Geopark Kaldera Toba (GKT) menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) di Gedung Geopark Kaldera Toba, Sigulati, pertengahan pekan kemarin.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Samosir Saul Situmorang, para pimpinan OPD terkait, Manajer GKT, Wilmar Simanjorang, dan tim Universitas Parahyangan, Bandung.

 

Secara teknis, Wilmar Simanjorang memaparkan bahwa persiapan menuju UGG hampir rampung dengan mengacu kepada rekomendasi yang diberikan. "Namun, salah satu rekomendasi yang perlu disegerakan adalah adanya website yang memudahkan para wisatawan potensial untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang GKT dan dapat mencitrakan GKT secara baik serta memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan potensial untuk melakukan kunjungan wisata sebagai dampak informasi lengkap yang diperoleh melalui website," ungkap Wilmar dilansir dari laman samosirkab.go.id, Minggu (19/05/2019).

 

Pada sesi pemaparan template website yang ditawarkan tim Universitas Parahyangan, melalui arahan Saul Situmorang dan Wilmar Simanjorang, disepakati kordinasi lintas SKPD untuk menyiapkan informasi wisata terbarukan dan terkini yang dikelola tim Dinas Kominfo Samosir sebagai admin yang berkolaborasi dengan tim Universitas Parahyangan dalam menyiapkan tampilan website yang menarik dan dinamis.

 

Di samping itu, Wilmar Simanjorang memaparkan sedang dirancang Hutan Nusantara di lokasi GKT yang diharapkan akan menambah isi dari Geopark Kaldera Toba untuk menciptakan daya tarik bernilai lebih yang didukung oleh geosites, hutan, dan Danau Toba.

 

Saul Situmorang mewakili Bupati Samosir menekankan agar desain yang telah dirancang segera ditindaklanjuti dengan serius. Dia juga berharap pada tahun 2019 ini, GKT dapat disahkan oleh UNESCO menjadi Global Geopark dan memberi dampak ekonomis secara langsung bagi Kabupaten Samosir dan menjadi salah satu tujuan wisata andalan kelas dunia di Indonesia bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.(BS09)

 


Tag: