Peristiwa

Gairahkan Kembali Gerakan Pramuka, Sumut Akan Gelar Kemah Bersama



Gairahkan Kembali Gerakan Pramuka, Sumut Akan Gelar Kemah Bersama
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akan menggelar Kemah Bersama (KEMSAMA) Majelis Pembimbing (Mabi) daerah, cabang dan kwartir se-Sumut, yang dilanjutkan dengan Jambore Daerah (Jamda), pada 21 - 26 Juni 2022, di Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit, Deliserdang. Tujuannya untuk menggairahkan kembali gerakan pramuka di Sumut.

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut Afifi Lubis menyatakan hal tersebut ketika memimpin rapat rapat lanjutan, evaluasi dan persiapan KEMSAMA 2022, di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30 Medan, Kamis (09/06/2022).

Hadir perwakilan Kodam I/BB, Polda Sumut, Kwarda Pramuka Sumut, Pemerintah Kabupaten Deliserdang, para perangkat daerah Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut, perwakilan PLN unit induk Sumut, perwakilan Bank Sumut dan perwakilan PTPN IV Sumut.

“KEMSAMA ini merupakan salah satu upaya bagaimana kita menggairahkan kembali gerakan Pramuka di Sumatera Utara. Ini perlu dukungan kita bersama untuk mewujudkannya. Mari kita sukseskan,” kata Afifi Lubis didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut Ardan Noor.

Afifi Lubis juga menyampaikan, dalam jangka panjang, penggairahan kegiatan gerakan pramuka di Sibolangit adalah untuk pembenahan bumi perkemahan tersebut, yang dalam catatan sejarah pernah menjadi salah satu penyelenggara Jambore Nasional pada tahun 1977 lalu. Bahkan, Sibolangit adalah salah satu dari tiga kawasan yang menyelenggarakan Jambore Nasional di luar Cibubur.

“Kasihan. Kawasan tersebut sudah terbiarkan terlalu lama. Kawasan itu perlu tetap kita jaga untuk kepentingan adik-adik Pramuka dan masyarakat luas. Kita harus tata dan benahi kembali,“ kata Afifi Lubis yang berharap KEMSAMA akan menjadi tahap awal dan menjadi penyemangat bagi seluruh pihak untuk melakukan pembenahan.


Tag: