Peristiwa

Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Padangsidimpuan Pagelaran Seni dan Budaya Lintas Etnis



Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Padangsidimpuan Pagelaran Seni dan Budaya Lintas Etnis
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Sebagai bentuk upaya pengembangan potensi bakat, kreativitas dan wawasan generasi muda-mudi untuk menjadi figur yang dapat berperan dalam mempromosikan seni dan budaya Kota Padangsidimpuan, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kota Padangsidimpuan selenggarakan Pagelaran Seni dan Budaya Lintas Etnis Kota Padangsidimpuan Tahun 2021 yang bertempat di Stadion HM Nurdin Nasution.

Wakil Walikota Padangsidimpuan Ir H Arwin Siregar MM yang hadir sekaligus membuka secara resmi pagelaran tersebut menyampaikan bahwa, pagelaran ini bertujuan untuk mengembangkan kesenian dan budaya dari 9 etnis yang di Kota Padangsidimpuan.

“Kegiatan pagelaran ini dalam rangka mengenalkan kesenian dan budaya yang ada di Kota Padangsidimpuan, sehingga masyarakat yang menyaksikan bangga dan memberikan apresiasi terhadap seni budaya bangsa terutama seni budaya dari 9 etnis yang di Kota Padangsidimpuan ini,” ungkap Arwin dilansir dari laman padangsidimpuan, Minggu (05/12/2021).

Baca Juga : Presiden Jokowi: Pandemi Jadi Momentum Transformasi Fundamental Ekonomi

Arwin menjelaskan, pagelaran ini merupakan salah satu bentuk pelestarian seni dan budaya yang ada di Kota Padangsidimpuan, sekaligus pemicu generasi milenial di Kota Padangsidimpuan untuk lebih mencintai dan mau meneruskan warisan budaya yang ada di Kota Padangsidimpuan.


Sebelumnya, Kepala Bidang Pariwisata, Hamdan Damero melaporkan, pagelaran seni dan budaya lintas etnis Kota Padangsidimpuan Tahun 2021 ini merupakan bagian integral dari pembangunan dunia pariwisata di Kota Padangsidimpuan yang terdiri dari 9 etnis di Kota Padangsidimpuan, diantaranya; Etnis Batak Simalungun, Jawa, Melayu, Batak Karo, Batak Toba, Minang, Nias, Batak Mandailing dan Batak Angkola.

"Kota Padangsidimpuan merupakan salah satu daerah yang berpotensi dibidang sektor pariwisata dengan prinsip Sapta Pesona, yaitu aman, tertib, bersih, indah, ramah tamah dan kenangan. Saya berharap pagelaran ini dapat menjaga dan melestarikan seni budaya daerah serta menjadi inspirator dan motivator bagi generasi muda Kota Padangsidimpuan," tutupnya.(BS09)


Tag: