Peristiwa

Diduga Terkait Korupsi Anggaran Pilkada Tahun 2020, Kejari Serdang Bedagai Geledah Kantor KPUD



Diduga Terkait Korupsi Anggaran Pilkada Tahun 2020, Kejari Serdang Bedagai Geledah Kantor KPUD
BERITASUMUT.COM/BS05

beritasumut.com - Tim dari Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai (Sergai) melakukan penggeledahan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), pada Kamis (20/05/2021).

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pihak Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai, namun penggeledahan yang dilakukan dari pagi hingga malam hari masih berlangsung.

Diduga terkait adanya penyalahgunaan anggaran dana hibah untuk kegiatan Pilkada Kabupaten Serdang Bedagai tahun 2020 yang lalu yang bersumber dari dana APBD Kabupaten Serdang Bedagai.

Diketahui, penggeledahan yang dilakukan Tim Penyidik Anti Korupsi Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai ini tiba di Kantor KPU Kabupaten Serdang Bedagai sekira pukul 09.45 WIB. Dimana petugas langsung memasang garis pembatas, berlogokan lambang kejaksaan dan tulisan Kejaksaan RI di luar halaman kantor, pintu masuk dan parkiran sepeda motor kantor KPU Sergai.

Selama berlangsungnya penggeledahan tersebut, terlihat kantor KPU dalam kondisi ditutup dan dijaga petugas Kejaksaan yang berjaga di luar dengan dibantu petugas keamanan dari Kodim 0204 Deli Serdang.

Selama penggeledahan tersebut, tidak memperkenankan siapapun boleh masuk ke areal yang sudah diberi garis pembatas tersebut. Diketahui, petugas Kejaksaan juga sempat memanggil tukang ahli kunci, yang diduga untuk membantu membuka lemari atau brankas yang ada di dalam kantor KPU tersebut.

Dari pagi hingga malam hari, tidak terlihat satupun komisioner maupun pegawai Sekretariat KPU Serdang Bedagai. Sedangkan kondisi di luar kantor, hanya terlihat kendaraan milik Sekretaris KPU dan salah satu mobil pribadi milik Komisioner KPU Serdang Bedagai.

Belum ada keterangan resmi apa yang menjadi maksud dan tujuan dari penggeledahan yang dilakukan pihak Kejaksaan Negeri Serdang Bedagai yang dipimpin Kasi Intel ini. Namun kuat dugaan, penggeledahan ini terkait penyalahgunaan anggaran pengadaan bernilai miliaran rupiah pada Pilkada Serdang Bedagai tahun 2020 yang lalu.

Hingga malam ini, penggeledahan masih terus berlangsung. Kasi Intel Kejari Serdang Bedagai menyebutkan keterangan resmi akan disampaikan kepada wartawan pada hari Jumat. Dalam penggeledahan ini, tim Kejaksaan mengamankan sebanyak sepuluh kotak yang berisikan berkas surat-menyurat dari dalam ruangan KPU Serdang Bedagai. (BS05)


Tag: