Peristiwa

Busana Rancangan Istri Walikota Medan, Meriahkan Gebyar Kerajinan UMKM Sumut 2016



Busana Rancangan Istri Walikota Medan, Meriahkan Gebyar Kerajinan UMKM Sumut 2016
BERITASUMUT.COM/IST
Busana Rancangan Istri Walikota Medan, Meriahkan Gebyar Kerajinan UMKM Sumut 2016
Beritasumut.com-Busana hasil rancangan istri Walikota Medan, Hj Rita Maharani Dzulmi Eldin mengundang decak kagum para pengunjung  yang menyaksikan pagelaran busana, dalam rangka memeriahkan Gebyar Kerajinan Daerah Sumatera Utara 2016, yang digelar di Merdeka Walk, Lapangan Merdeka Medan akhir pekan ini.  

 

Lewat karyanya, Ibu tiga anak itu berhasil mendesain Batik khas Medan dan tenunan Songket Deli menjadi busana yang cantik dan elegan. Ditambah lagi, kain tradisional hasil rancangannya bernuansa modern, menambah kesan anggun para model yang juga para istri pimpinan SKPD melenggak-lenggok di atas catwalk.

 

Busana hasil kreasi Hj Rita ditampilkan usai pengurus Dekranasda Provinsi Sumatera Utara dan Dharma Wanita Provinsi Sumatera, Persit Kartika Chandra Kirana dan Bhayangkari Poldasu tampil membuka pagelaran busana tersebut. Sebagai penampilan awal, busana Hj Rita yang diberi label Maharani Collection ini dikenakan Sekretaris Bappeda Kota Medan, Reza Hanafi. Kemudian naik ke panggung, Camat Medan Tuntungan, Gelora Kurnia  Putra Ginting, Camat Medan Amplas, Zul F Ahmady, Camat Medan Tembung, M Indra Mulia Nasution dan Camat Medan Maimun M Yasir. Baik Sekretaris Bappeda maupun keempat camat tampil bersama istri masing-masing.

 

Turut naik ke panggung, istri Wakil Walikota Medan, Nurul Khairani Lubis yang mengenakan Songket Deli bermotif Istana Maimun. Istri Kadisdukcapil Medan, dengan busana berbahan dasar Songket Deli bermotif setangkai bunga mawar. Lalu Kadisdik Medan yang tampil disusul istri Kepala Badan Kesbangpol Linmas dan istri Kadis Sosnaker mengenakan Songket Deli bermotif bunga tembakau. Usai busana hasil rancangannya ditampilkan, Hj Rita pun tampil di atas catwalk didampingi seluruh modelnya, seperti yang dilansir dari laman resmi pemkomedan.go.id, Sabtu (03/02/2016).

 

"Busana hasil rancangan ini merupakan upaya dan terobosan yang kita lakukan untuk memperkenalkan Batik Medan dan Songket Deli kepada masyarakat. Kita berharap batik Medan dan Songket Deli tidak hanya dikenal di ibukota Provinsi Sumatera Utara tetapi juga seluruh nusantara bahkan dunia," ujar Hj Rita.

 

"Di samping itu, kita juga ingin memajukan UMKM di Kota Medan, terutama para pengerajin Batik Medan dan Songket Deli. Itu sebabnya sejak saya dilantik sebagai Ketua Dekranasda Kota Medan, saya bertekad melakukan pembinaan UMKM yang ada di Kota Medan, termasuk berusaha membantu pemasarannya bersama dinas terkait," sambung Hj Rita yang juga menjabat sebagai Ketua TP PKK dan Bunda PAUD Kota Medan itu.

 

Hj Rita mengaku, demi memajukan UMKM inilah dirinya mengajak semua, khususnya ibu-ibu agar dapat memakai dan mencintai produk unggulan daerah Kota Medan, terutama Batik Medan dan Songket Deli. "Sebab, busana ini dapat dikenakan sebagai busana sehari-hari, pakaian kerja maupun busana pesta. Dengan demikian kita turut membantu memajukan UMKM di Kota Medan," tandasnya. (BS02)


Tag: