Peristiwa

Brigadir Sadat Romulo Berikan Hak Jawab dan Bantah Cekoki MS Pil Ekstasi



Brigadir Sadat Romulo Berikan Hak Jawab dan Bantah Cekoki MS Pil Ekstasi
BERITASUMUT.COM/BS04

Beritasumut.com - Brigadir Sadat Romulo membantah dan merasa keberatan atas pemberitaan bahwa dirinya mencekoki pil ekstasi kepada anak di bawah umur berinisial MS (16). Bantahan tersebut dirilisnya langsung ke redaksi Beritasumut.com, Jumat (27/08/2021).

Brigadir Sadat dalam bantahannya, menyoroti berita yang tayang pada Kamis (05/08/2021) pukul 17.00 WIB. "Isi berita yang dibuat oleh wartawan sangat tendensius serta tidak mengandung kebenaran," tulisnya.

Dia menjelaskan, isi pemberitaan tersebut telah bersifat fitnah. "Berita tersebut fitnah dan berunsurkan tekanan serta terindikasi pencemaran nama baik saya dan mengangkangi UU Pers No 40 Tahun 1999," tegasnya.

Brigadir Sadat menuturkan poin-poin keberatannya, diantaranya :
1. Dalam pemberitaan yang telah terbit, penulis menuliskan langsung nama saya (terbukti terlampir).
2. Selanjutnya pada kalimat pernyataan langsung Narasumber berita (MS) di dalam berita mengatakan. "Saya nyaris meninggal karena dicekoki pil ekstasi oleh anggota Sabhara Polrestabes Medan Brigadir SR saat adanya acara di seputaran Jalan Jermal 15," ucap Korban MS (16) kepada wartawan di Medan, Kamis (05/08/2021).
3. Bagaimana mungkin jika tidak saling kenal bisa memberi orang lain sesuatu, apalagi "mencekoki" dengan narkoba pil ekstasi.
4. Saya saat itu sama sekali tidak mengenal (MS) narasumber yang ada dalam berita, tapi mengapa wartawan bisa menulis sampai berita diterbitkan, seolah-olah kesannya narasumber dan saya kenal baik. Bahkan, sampai tahu nama lengkap serta satuan tempat saya bertugas.
5. Saya seorang polisi dan saya sangat anti dengan yang namanya narkoba/pil ekstasi. Hal itu bisa dibuktikan dengan tes-tes yang telah dilakukan sebelumnya kepada saya.

Dia menegaskan akan menindak tegas wartawan yang membuat pemberitaan yang isinya mengandung fitnah dan tendesius yang tidak mengandung kebenaran. "Bahkan tanpa terlebih dahulu melakukan cek dan ricek serta konfirmasi kepada saya yang telah dirugikan. Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasih," pungkasnya.

Terkait hal tersebut, Beritasumut.com menjunjung tinggi harkat martabat profesi jurnalis sesuai dengan UU Pers No.40 Tahun 1999, karenanya kami menerbitkan bantahan tertulis yang dikirimkan oleh Brigadir Sadat Romulo yang merasa keberatan atas pemberitaan tersebut. Adapun konten berita Mengaku Dicekoki Inex oleh Oknum Polisi, Anak Perempuan di Bawah Umur Nyaris Over Dosis di Jermal 15 ini telah direvisi beberapa waktu setelah ditayangkan. (BS04)


Tag: