Peristiwa

BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan dan Lereng



BMKG: Waspadai Hujan Lebat di Wilayah Pegunungan dan Lereng
beritasumut.com/ist
Beritasumut.com-Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I Medan mengeluarkan warning khususnya bagi daerah pegunungan dan lereng, Minggu (06/01/2018).

 

Kepala Bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I, Syahnan menyampaikan, warning tersebut dikeluarkan atas potensi hujan lebat yang mungkin terjadi sejak tanggal 6 hingga 8 Januari mendatang.

 

"Dalam beberapa hari kedepan, wilayah pegunungan, lereng, termasuk juga wilayah pantai barat agar dapat mewaspadai potensi hujan lebat yang mungkin dapat terjadi," ungkapnya kepada wartawan.

 

Syahnan menjelaskan, adapun potensi hujan lebat tersebut diperkirakan dapat terjadi pada sore hingga malam hari. Terutama pada daerah Tarutung, Sidikalang, Salak, Dolok Sanggul, Pangururan, dan Sibuhuan.

 

"Untuk kawasan pantai barat, potensi ini diperkirakan juga dapat berlangsung di daerah Sibolga, Panyabungan, dan Pandan," jelasnya.

 

Selain hujan lebat, potensi hujan sedang terangnya juga dapat terjadi di wilayah Sumut. Hal ini umumnya dapat berlangsung di wilayah Sipirok, Kabanjahe, Pematang Raya, Balige, Pematang Siantar, Binjai, Padang Sidimpuan, Gunung Tua, Gunung Sitoli, Stabat, dan Lubuk Pakam.

 

"Sedangkan untuk hujan ringan, secara merata diperkirakan dapat berlangsung bagi seluruh wilayah Sumut," terangnya.

 

Sementara itu, untuk suhu udara, ujar Syahnan, dalam 3 hari kedepan diperkirakan dapat berlangsung mulai 16° hingga 31° Celcius. Hal ini diikuti dengan kelembapan udara mencapai 70% hingga 100%, dan kecepatan angin maksimal 20 Km/jam.

 

"Kondisi ini tentunya tergantung pada daerah dan iklim wilayahnya masing-masing,"  pungkasnya.(BS08)


Tag: