Peristiwa

Antisipasi Ancaman Radikalisme, Korem 072/Pmk Gelar Apel Pasukan Satuan



Antisipasi Ancaman Radikalisme, Korem 072/Pmk Gelar Apel Pasukan Satuan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Danrem 072/Pamungkas Brigjen TNI Afianto memimpin Apel Gelar Pasukan Satuan Kodam IV/Diponegoro di Wilayah Korem 072/Pmk, Kegiatan ini merupakan lanjutan dari drill tempur Latihan Pertempuran Kota Yonif Mekanis 403/WP bertempat di Gedung Graha Pradipta Jogja Expo Center (JEC), Jl. Raya Janti Wonocatur, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta, Sabtu (5/3/2022).

Pangdam IV/Diponegoro dalam amanatnya yang dibacakan Danrem 072/Pamungkas mengucapkan, terima kasih kepada para prajurit Yonif Mekanis 403/WP dan penyelenggara atas keberhasilannya menyelesaikan seluruh rangkaian kegiatan latihan pertempuran kota meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dapat berjalan dengan baik.

Baca Juga : Sukseskan Program Ekonomi Biru, Bakamla RI Zona Tengah Terima Kunjungan PSDKP Bitung

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa apel gelar pasukan dimaksudkan untuk mengetahui kesiapan satuan jajaran Kodam IV/Diponegoro, khususnya satuan di wilayah Korem 072/Pmk guna mengantisipasi ancaman Radikalisme yang mungkin timbul di wilayah Jawa Tengah dan D.I.Y.

"Kita ketahui perkembangan situasi di Provinsi Jateng dan D.I.Y. menjadi barometer stabilitas nasional, sehingga kita perlu mengantisipasi setiap potensi ancaman yang ada, termasuk kemungkinan adanya kelompok-kelompok radikal yang mengarah pada terjadinya aksi-aksi terorisme".

"Kondisi seperti ini harus segera kita antisipasi, jangan sampai kita kalah cepat dari kelompok-kelompok radikal yang berusaha melakukan aksi untuk mengganggu stabilitas keamanan wilayah maupun nasional".

"Oleh karena itu, kita harus memaksimalkan kinerja aparat intel di lapangan, melakukan koordinasi secara terpadu dengan aparat teritorial serta melakukan kegiatan pembinaan mental dan hukum. Optimalkan peran Babinsa di wilayah masing-masing untuk meminimalisir kemungkinan masuk dan berkembangnya kelompok-kelompok radikal dalam masyarakat," ujar Pangdam.


Tag: