Peristiwa

Alami Kelainan Hati, Bayi Aiyla Adisty Jalani Pengobatan di RSUP H Adam Malik Medan



Alami Kelainan Hati, Bayi Aiyla Adisty Jalani Pengobatan di RSUP H Adam Malik Medan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Wali Kota Medan Bobby Nasution langsung membawa Aiyla Adisty Hidayah, bayi berusia tujuh bulan, putri pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27) ini warga Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia yang menderita penyakit kelainan hati (atresia bilier) untuk mendapatkan perawatan medis ke Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM), Kamis (07/10/2021) malam.

Sub Koordinator Hukormas RSUPHAMRosarioDorothy Simanjuntak mengatakan, Aiyla tiba ke rumah sakit Kemenkes ini pada pukul 20.34 WIB dan langsung dibawa ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD)."Benar, pasien atas nama Aiyla Adisty Hidayah sudah dirawat di RSUPHAM dengan keluhan utama perut membesar dan kuning di seluruh tubuh," ungkapnya, Jumat (08/10/2021).

Aiyla, kata Rosario, telah dilakukan screening Covid-19 seperti foto thorax, swab antigen dan langsung mendapatkan perawatan dari dokter spesialis anak. "Pada pasien dilakukan serangkaian pemeriksaan seperti pemeriksaan fisik, cek laboratorium dan juga dikonsulkan ke bagian bedah. Saat ini pasien sedang dirawat di ruang RB4 anak untuk perawatan lebih lanjut," paparnya.

Baca Juga : Kehabisan Bensin Saat Mencoba Kabur, Maling Ponsel Berhasil Ditangkap

Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istrinya Kahiyang Ayu juga telah menjenguk Aiyla di RSUPHAM, pada Kamis (07/10/2021) malam. Ibu Aiyla, Olivia Saridah menyampaikan, berdasarkan penjelasan pihak RSUD dr Pirngadi di mana awalnya putrinya itu dirawat, Aiyla mengalami kelainan sejak lahir dengan kondisi tidak adanya saluran empedu. "Pada usia empat bulan sudah mulai terlihat bagian perutnya yang terus membesar. Harusnya dioperasi pada usia dua bulan," terangnya.


Saat menceritakan kondisi putrinya bersama tenaga medis, sejumlah opsi sempat dibicarakan, di antaranya melakukan transplantasi hati di Jakarta. Namun kesulitannya adalah menemukan pendonor. Kahiyang pun terlihat tak kuasa menahan tangisnya mendengarkan penjelasan tersebut.

Bobby mengungkapkan jika biaya perawatan Aiyla nantinya akan ditanggung oleh Pemko Medan."Saat ini yang terus kita lakukan adalah mendoakan agar Aiyla diberi kesehatan, keluarganya diberikan kekuatan. Untuk pembiayaan kita register ke Kota Medan," pungkas Bobby.(BS09)


Tag: