Peristiwa

433 Desa di Maluku dan Papua Bakal Dialiri Listrik, TNI Siap Bantu PLN Lakukan Pengamanan



433 Desa di Maluku dan Papua Bakal Dialiri Listrik, TNI Siap Bantu PLN Lakukan Pengamanan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan siap membantu Perusahaan Listrik Negara (PLN) dalam hal pengamanan saat melakukan pemasangan listrik di 433 desa yang berada di wilayah Maluku, Papua dan Papua Barat.

 

Demikian disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Dr (HC) Hadi Tjahjanto SIP, saat menerima Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo beserta jajarannya, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (12/03/2020). Panglima TNI juga menyampaikan sangat menyambut baik rencana Perusahaan Listrik Negara yang akan melakukan pemasangan jaringan penerangan atau listrik pedesaan.

 

Sementara itu, Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) menjelaskan, rencananya PLN akan melakukan elektrifikasi dengan pemasangan tabung listrik beserta stasiun pengisian energi listrik dan beberapa teknologi pembangkit Energi Baru Terbarukan (EBT), seperti Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) serta Pikohydro. "Pemasangan listrik pedesaan tersebut, membutuhkan pengamanan dari TNI agar dapat berjalan sesuai dengan rencana," ujar Darmawan Prasodjo.

 

Dijelaskannya, TNI dan PLN telah menjalin kerjasama dengan melakukan penandatanganan nota kesepahaman bersama pada tahun 2019 tentang pengamanan dan pemeliharaan keandalan sistem ketenagalistrikan di Tanah Air. "Kerjasama ini sebagai salah satu langkah PLN dalam menjaga kegiatan operasional perusahaan baik di sisi pembangkitan, transmisi dan distribusi guna menghindarkan masalah-masalah teknis dan sosial yang dapat berakibat pada resiko pelayanan penyediaan kelistrikan atau bahkan resiko blackout," jelasnya.

 

Turut mendampingi Panglima TNI yaitu Asops Panglima TNI Mayjen TNI Tiopan Aritonang dan Aster Panglima TNI Mayjen TNI Goerge Elnadus Supit. Sedangkan Wakil Direktur Utama PT PLN (Persero) membawa beberapa jajaranya seperti Ahmad Rofik (Direktur Bisnis Regional Maluku, Papua dan Nusa Tenggara), Nurlely Aman (Executive Legal Counsel Kontrak dan Korporasi Kantor Pusat), Robert A. Purba (Executive Vice President Konstruksi Regional Maluku Papua dan Nusa Tenggara),  Eman Prijono Wasito Adi (Executive Vice President Pengembangan Regional Maluku Papua dan Nusa Tenggara), Denny Triyanto (Senior Specialist Divisi Pengembangan Regional Maluku Papua dan Nusa Tenggara). (Rel)


Tag: