Peristiwa

14 Preman Berkedok "Pak Ogah" Ditangkap Satlantas Polrestabes Medan



14 Preman Berkedok "Pak Ogah" Ditangkap Satlantas Polrestabes Medan
beritasumut.com/BS06
beritasumut.com -Satuan Lalulintas Polrestabes Medan berhasil mengamankan 14 orang preman yang berkedok "Pak Ogah".

Ke-14 oknum preman itu diamankan sesuai arahan dan instruksi dari Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo perihal banyaknya preman yang melakukan pungutan liar (Pungli) di seputaran pelabuhan peti kemas Tanjung Priok.

Perintah dan intruksi tersebut sebelumnya disampaikan Presiden Indonesia Ir Joko Widodo saat menggelar tatap muka dengan para supir truk kontainer di pelabuhan peti kemas Tanjung Priok, belum lama ini.

"Penangkapan ke-14 oknum preman dimulai pada hari Jumat tanggal 11 Juni 2021 yang melakukan pungli berkedok "Pak Ogah" ini dilakukan di sejumlah persimpangan-persimpangan jalan dan di pemutaran arah kendaraan sepanjang jalan protokol di Kota Medan," ucap Kasat Lantas Polrestabes Medan, AKBP Sonny W Siregar kepada wartawan, Sabtu (12/06/2021).

Kata Sonny, sebanyak 14 orang preman berkedok "Pak Ogah" itu kemudian diboyong ke Pos Lantas Lapangan Merdeka untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

"Yakni, membersihkan/menyapu trotoar sepanjang keliling Lapangan Merdeka, mengucapkan ikrar tidak akan mengulangi perbuatannya kembali, tidak menjadi preman lagi dan tidak akan melakukan pungli lagi," jelas AKBP Sonny.

Selanjutnya, sambung AKBP Sonny, membuatkan surat pernyataan dan bersedia ditindak dan diberi hukuman serupa apabila mengulangi perbuatannya kembali.

"Kemudian, keseluruhan "Pak Ogah" dikembalikan ke kediamannya masing-masing dengan sehat tanpa ada keluhan," ungkap AKBP Sonny.


Tag: