Peristiwa

Monitoring ke Nias Utara, Nawal Lubis Ajak Implementasikan Mars PKK



 Monitoring ke Nias Utara, Nawal Lubis Ajak Implementasikan Mars PKK
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Ketua Tim Penggerak Permberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak pengurus PKK Kabupaten Nias Utara untuk mengimplementasikan Mars PKK dalam kehidupan sehari-hari. Di antaranya tentang hidup gotong-royong, makmur pangan dan sandang, rumah sehat sentosa.

Hal ini disampaikan Nawal Lubis saat melakukan Monitoring Desa Pelaksana Pencatatan Tertib Administrasi PKK, Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) di Aula Kantor Desa Banua Sibohou II, Kecamatan Alasa, Kabupaten Nias Utara, Selasa (13/09/2022).

Nawal menjelaskan gotong-royong merupakan salah satu ciri khas budaya bangsa Indonesia. Karenanya melalui Dasawisma yang ada di setiap desa, diharapkan untuk saling membantu. "Jika saling bergotong-royong tingkat kemiskinan dan angka stunting bisa kita tekan bersama," harap Nawal Lubis.

Makmur pangan dan sandang dengan memanfaatkan pekarangan rumah dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga melalui program Aku Hatinya PKK, yang merupakan singkatan dari Amalkan, Kukuhkan, Halaman, Asri, Teratur, Indah dan Nyaman, diharapkan dapat menggerakkan masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan untuk ditanami tanaman produktif, tanaman toga maupun sayuran sehingga bernilai ekonomis dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Nawal juga berharap, agar TP PKK di semua tingkatan dapat mengembangkan peran dan fungsi kader PKK dan kelompok Dasawisma, karena di kelompok inilah sesungguhnya terletak keberhasilan gerakan PKK.

Wakil Bupati Nias Utara Yusman Zega menyampaikan, bahwa gerakan PKK merupakan gerakan nasional yang memiliki peran penting dan strategis. Karena itu, pihaknya sangat mengapresiasi kedatangan Tim Monitoring Provinsi Sumut, dengan harapan, bisa memberikan ide, saran dan gagasan, sehingga termotivasi untuk mengembangkan desa-desa di Kabupaten Nias Utara, sesuai dengan potensi yang dimiliki.


Tag: