Peristiwa

396 Meter Drainase di Medan Barat Direhabilitasi dan 381,8 Meter Gang Dirabat Beton Pakai Dana Kelurahan



 396 Meter Drainase di Medan Barat Direhabilitasi dan 381,8 Meter Gang Dirabat Beton Pakai Dana Kelurahan
beritasumut.com/BS07

beritasumut.com -Wali Kota Medan, Bobby Nasution mendorong kelurahan-kelurahan menjalankan program dana kelurahan. Dalam enam bulan terakhir ini, berbagai pekerjaan maupun kegiatan pun telah terealisasi di berbagai kecamatan, termasuk Kecamatan Medan Barat.

Terhitung Januari sampai Juni 2022, sepanjang 396 meter drainase di Medan Barat direhabilitasi dengan menggunakan dana kelurahan. Selama dua triwulan ini juga, dana kelurahan wilayah itu digunakan untuk melakukan rabat beton jalan sepanjang 381,8 meter.

"Untuk sarana dan prasarana, dana kelurahan kita manfaatkan untuk pembenahan jalan maupun drainase di lingkungan dan tentunya sejalan dengan program-program prioritas Wali Kota Medan, Bobby Nasution," sebut Camat Medan Barat, Lilik, di kantornya, Selasa (19/072022).

Lilik memaparkan, pada tahun ini Kecamatan Medan Barat yang terdiri dari Kelurahan Glugur Kota, Pulo Brayan Kota, Sei Agul, Karang Berombak, Silalas, dan Kesawan ini mendapat anggaran dana kelurahan sebesar Rp6.790.196.253. Sampai dengan triwulan kedua ini, lanjutnya, telah direalisasikan sebesar Rp2.290.634.483.

"Terhitung mulai Januari sampai Juni, telah dilakukan rehabilitasi drainase sepanjang 396 meter dan rabat beton jalan sepanjang 381,8 meter yang bersumber dari dana kelurahan. Selain itu, dana kelurahan juga digunakan untuk pembuatan taman, PAUD, pengadaan alat kebersihan, serta kegiatan pemberdayaan masyarakat dalam berbagai pelatihan yang melibatkan total 590 peserta yang sebagian besar merupakan pelaku UMKM," ucapnya.

Lilik mengatakan, dana kelurahan ini digunakan seoptimal mungkin untuk kepentingan dan kebutuhan mendesak masyarakat. Dia berharap, masyarakat di Kecamatan Medan Barat dapat merasakan secara langsung manfaat program-program dari dana kelurahan ini.

Warga Jalan Pertahanan Dalam Kelurahan Pulo Brayan Kota Lingkungan 14, Zulkifli saat ditemui di kediamannya, mengungkapkan kegembiraannya karena pada tahun ini jalan di depan rumah itu telah dirabat beton dengan mengunakan dana kelurahan.

Dia mengaku, tahun-tahun sebelumnya warga telah meminta agar Jalan Pertahanan Dalam ini dibenahi, namun baru pada kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution ini diperbaiki.

"Sebelumnya jalan ini cukup parah. Hanya tanah dan batu. Becek kalau hujan," ucapnya seraya mengungkapkan terima kasihnya pada Wali Kota Medan Bobby Nasution yang telah memberikan perhatiannya pada kondisi jalan di lingkungannya.

Data yang diperoleh dari Kecamatan Medan Barat, pada dua triwulan ini, rehabilitasi drainase menggunakan dana kelurahan yakni di Kelurahan Glugur Kota di Jalan Yos Sudarso Lingkungan 15 Gang Bagan sepanjang 192 meter, Lingkungan 2 Gang Alwasliyah sepanjang 70 meter, dan Lingkungan 10 Lorong II sepanjang 134 meter.

Sedangkan pekerjaan rabat beton jalan di Kecamatan Medan Barat yang menggunakan dana kelurahan dilakukan di Kelurahan Glugur Kota Jalan Yos Sudarso Lingkungan 2 sepanjang 50 meter. Di Kelurahan Pulo Brayan Kota pekerjaan rabat beton jalan dilakukan di Lingkungan 1 Jalan Putri Hijau sepanjang 85,8 meter dan Lingkungan 14 Jalan Pertahanan Dalam sepanjang 136 meter. Di Kelurahan Karang Berombak di Lingkungan 12 juga dilakukan rabat beton di Jalan Sekata Gang Putri Hijau sepanjang 110 meter.

Data tersebut juga menunjukkan, dana kelurahan dimanfaatkan untuk pembangunan gedung PAUD dan pembuatan taman di Kelurahan Sei Agul. Di samping itu, keenam kelurahan di Medan Barat juga merealisasikan berbagai program pemberdayaan masyarakat dalam pelatihan-pelatihan antara lain pembuatan handycraft, menjahit, tata boga, membatik, pembuatan bakso, pembuatan kue, pembuatan roti, sablon, hidroponik, pembuatan papan bunga, dan sosialisasi sadar hukum, bahaya narkoba, serta pencegahan dan penanganan stunting.(BS07)


Tag: