Pendidikan

World Cleanup Day 2021, MTsN 2 Deli Serdang Gotong Royong Bersihkan Madrasah



World Cleanup Day 2021, MTsN 2 Deli Serdang Gotong Royong Bersihkan Madrasah
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Merayakan World Cleanup Day (WCD) 2021 atau Hari Kebersihan Internasional yang diperingati setiap tanggal 18 September, tak luput dari perhatian MTsN 2 Deli Serdang. Madrasah binaan Kemenag ini juga memperingati hari WCD 2021tersebut dengan melibatkan seluruh para guru dan siswa seraya bergotong royong membersihkan setiap sudut madrasah. Mulai dari ruang kelas, taman, ventilasi, saluran drainase hingga lingkungan luar pagar madrasah. World Cleanup Day serentak pula dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang sesuai himbauan yang telah diserukan oleh Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Kepala MTsN 2 Deli Serdang, Muhammad Syukur Harahap SPdI MA mengatakan, pihanya bersama melaksanakan kegiatan World Cleanup Day 2021 yang serentak dilaksanakan seluruh dunia. "Semua bahu-membahu membersihkan kelas masing-masing, bertanggung jawab akan kebersihan taman kelas dan juga kerapian dalam hingga lingkungan sekitar kelas. Mari kita ciptakan suasana asri, bersih dan ramah lingkungan," ujarnya dilansir dari Sumut.kemenag.go.id, Minggu (19/09/2021).

Syukur menilai, WCD ini selayaknya kegiatan yang selalu dirutinkan di MTsN 2 Deli Serdang dalam pembelajaran sehari-hari, tidak harus pada hari besar. "Dalam Islam kita juga diajarkan untuk menjaga kebersihan. Jadi sudah menjadi hal wajib bagi setiap muslim untuk menjaga kebersihan. Seperti Hadits kebersihan adalah sebagian dari pada Iman," paparnya.

Baca Juga : WCD 2021, Aksi Nyata LPI DD dan DD Volunteer Menjaga Lingkungan

Dia juga menghimbau agar kegiatan seperti ini terus rutin dilakukan setiap hari kapanpun dan dimanapun. "Sebagai salah satu sektor yang bergerak di bidang pelayanan jasa yaitu pendidikan, kebersihan menjadi hal penting bagi MTsN 2 Deli Serdang dalam proses belajar mengajar. Kebersihan adalah faktor utama kenyamanan dalam proses pembelajaran siswa," tegasnya.

Dengan adanya kegiatan dan peringatan ini, sambungnya, agar lebih mengingatkan akan pentingnya kebersihan lingkungan baik lingungan tempat kerja hingga tempat tinggal. "Menjaga kebersihan lebih sulit dari pada menciptakan kebersihan. Sebab dengan menjaga lingkungan senantiasa akan menjaga dirikita dan orang lain untuk tetap sehat," pungkasnya. (BS09)


Tag: