Pendidikan

Wisuda STIT Al Hikmah Kota Tebingtinggi, Diktis Kemenag Minta Sarjana Jadi Duta Moderasi Beragama



Wisuda STIT Al Hikmah Kota Tebingtinggi, Diktis Kemenag Minta Sarjana Jadi Duta Moderasi Beragama
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Karakter dasar Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) adalah moderat dan menjadi tempat desimnasi paham keagamaan yang rahmatan lil álamin. Karena itu, sudah seharusnya sarjana PTKI menjadi duta moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat.

Pesan ini disampaikan Kasubdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Kementerian Agama (Kemenag) Ruchman Basori saat menyampaikan Orasi Ilmiah Wisuda Sarjana XV Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al Hikmah Kota Tebingtinggi, dilansir dari Kemenag.go.id, Kamis (17/12/2020).

Tantangan saat ini, lanjut Ruchman, adalah munculnya kelompok yang sering mengkalim kebenaran agama (truth claim keagamaan), di samping kelompok yang mempertanyakan konsensus nasional (Pancasila, NKRI, dan Bhineka Tunggal IKa). “Mereka aktif di media sosial, menyuarakan klaim kebenaran, bahkan paham anti Pancasila dan NKRI. Alumni STIT Tebintinggi harus aktif melakukan counter wacana-wacana keagamaan yang intoleran bahkan radikal tersebut,” katanya.

Ruchman meminta para sarjana STIT tidak menjadi kelompok mayoritas diam (silent majority) ketika menghadapi ancaman extrimisme dan intoleransi. "Peran sarjana sebagai masyarakat intelektual sangat penting dalam melawan kelompok yang memaksankan kehendak dan tidak toleran," harapnya.

Senada itu, Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan berharap para sarjana STIT dapat membantu percepatan pembangunan, khususnya di wilayah Tebingtinggi. “Kehadiran saudara-saudara menjadi amunisi penting bagi kemajuan daerah, walau saat ini sedang menghadapi pandemi,” tuturnya.

Ketua STIT Tebingtinggi Ficki Padli Pardede mengatakan, wisuda ke XV terasa istimewa karena kehadiran Walikota Tebing Tinggi Umar Zunaidi, Koordinator Kopertasi IX Syahrin Harahap, dan wakil dari Kementerian Agama, Ruchman Basori. “STIT Al Hikmah Tebingtinggi sedang berbenah untuk mendapat pengakuan dari masyarakat dan juga Kementerian Agama. Mahasiswa kami selalu naik secara kuantitatif, salah satunya berkat adanya beasiswa Bidikmisi yang kini berubah menjadi KIP Kuliah,” kata kandidat Doktor ini.

Koordinator Kopertais Wilayah IX yang juga Rektor UIN Sumatera Utara Syahrin Harahap berpesan agar para wisudawan dapat mengamalkan ilmunya sehingga menjadi manusia yang bermanfaat. STIT Tebingtinggi mewisuda 128 sarjana ilmu ketarbiyahan. Hadir dalam acara wisuda Para Pimpinan PTKIS se-Sumatera Utara dan Ketua Yayasan Al Hikmah Sumut dan jajarannya serta civitas akademika STIT Al Hikhmah Tebingtinggi. (BS09)


Tag: