Pendidikan

USU Resmikan Program Studi Luar Kampus di Nias Utara



USU Resmikan Program Studi Luar Kampus di Nias Utara
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Universitas Sumatera Utara (USU) meresmikan program studi di luar kampus utama (PSDKU) di Kabupaten Nias Utara. Kegiatan itu dilakukan dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Nias Utara.

PSDKU merupakan program studi yang diselenggarakan di kabupaten atau kota administratif yang lokasinya tidak berbatasan langsung dengan kampus utama. Sebanyak 63 mahasiswa tergabung dalam PSDKU di Nias Utara dengan dua jurusan yakni Agroeteknologi dan Sumber Daya Perairan.

Nias Utara sendiri saat ini tergolong dalam daerah 3T dengan angka kemiskinan yang cukup tinggi dan pendapatan per kapita yang tergolong rendah. Nias Utara punya potensi di bidang pertanian dan perikanan, namun pengelolaannya masih tradisional, karena SDM yang sangat terbatas. Melalui PSDKU, mahasiswa diharapkan dapat memajukan daerahnya.

Baca Juga : Bobby Terima Audiensi PT KAI Divre I Sumut, Bahas Rencana Pembangunan Rusunawa dan Revitalisasi Lapangan Merdeka

Dalam Pembukaan Penerimaan Mahasiswa Baru USU PSDKU 2021, Rektor USU Dr Muryanto Amin SSos MSi menyampaikan beberapa hal yang perlu dilakukan untuk persiapan dan penataan PSDKU ini. Pertama, membuat program prioritas daerah untuk peningkatan SDM di daerah. Perlu didesain sebuah komitmen menyertakan pembiayaan untuk meningkatkan SDM.

“Peningkatan SDM di daerah harus jadi program prioritas karena SDM sangat penting. Memang pembangunan SDM ini tidak bisa cepat dinikmati, butuh waktu. Kita perlu berkomitmen untuk ini. USU siap membantu kabupaten Nias Utara untuk keluar dari predikat daerah 3T,” ujar Rektor dilansir dari laman usu, Rabu (20/10/2021).


Tag: