Pendidikan

Tingkatkan Hasil Panen Padi, Dosen dan Mahasiswa Unimed Gelar Pelatihan Produksi BOBA KING



Tingkatkan Hasil Panen Padi, Dosen dan Mahasiswa Unimed Gelar Pelatihan Produksi BOBA KING
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Dosen Biologi Universitas Negeri Medan (Unimed) yang beranggotakan tiga mahasiswa Program Studi Pendidikan IPA dan Pendidikan Biologi melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Baru Titi Besi, Kecamatan Galang, Kabupaten Deli Serdang.Pelatihan Produksi Bokashi Limbah Batang Pisang dan Kotoran Kambing (BOBA KING) dilakukan untuk meningkatkan hasil panen petani yang ramah lingkungan.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Desa Baru Titi Besi Bambang Syahputra dan dihadiri oleh Wakil Ketua PKK Desa Baru Titi Besi Siti Aisyah dan 14 orang anggota.Sosialisasi BOBA KING dilaksanakan karena masyarakat di daerah tersebut khususnya Desa Baru Titi Besi karena kurang memanfaatkan limbah batang pisang dan juga kotoran kambing.

Baca Juga : Inilah Upaya Pemerintah Lindungi Masyarakat dari Pinjaman Online Ilegal

"Selama ini limbah batang pisang dan juga kotoran kambing meskipun keberadaanya cukup melimpah namun kurang dimanfaatkan oleh masyarakat di sini. Hal ini karena masyarakat belum memahami bagaimana mengelola limbah tersebut menjadi pupuk oleh sebab itu masyarakat menggunakan pupuk kimia untuk keperluan tanamannya. Sehingga dengan adanya program ini masyarakat diberikan pengetahuan bagaimana mengolah limbah tersebut menjadi pupuk organik," ujar Tengku Akbar anggota pelaksana kegiatan dilansir dari laman unimed, Minggu (17/10/2021).

Sementara itu, Ketua Pengabdian Masyarakat Unimed Dr Tumiur Gultom mengatakan penggunaan pupuk organik dengan memanfaatkan limbah batang pisang dan kotoran kambing merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan agar bumi tetap sehat.


Tag: