Pendidikan

Rektor Unpab: Para Lulusan Mampu Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0



Rektor Unpab: Para Lulusan Mampu Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0
beritasumut.com/BS06
Beritasumut.com-Rektor Universitas Pembangunan Panca Budi (Unpab) Dr Muhammad Isa Indrawan SE MM mendesak, para sarjana Unpab mampu berdaya saing untuk mengahadapi tantangan revolusi industri 4.0 harus direspon cepat dan tepat. 

 

"Sehingga lulusan Unpab mempunyai kontribusi nyata untuk menggerakan ekonomi bangsa Indonesia," ucap Rektor Unpab Dr Muhammad Isa Indrawan SE MM usai melakukan wisuda kepada 803 orang lulusan dari Pascasarjana, Sarjana dan Diploma di Gedung Selecta Jalan Listrik Medan, Sabtu (18/01/2020).

 

Kata Rektor, Harus direspon, tidak boleh menunggu tapi menjemput bola  untuk kemajuan diri sendiri dan bangsa Indonesia. 

 

Pada moment penting itu, Rektor Unpab 

Dr Muhammad Isa Indrawan, SE, MM mengucakan selamat kepada para wisudawan yang telah menyelesaikan masa kuliahnya di Unpab. Pihaknya mengharapkan para lulusan dapat mengamalkan ilmu dalam profesi masing-masing secara lebih bertanggungjawab dan berkualitas. 

 

Rektor juga mengatakan bahwa tantangan revolusi industri 4.0 harus direspon secara cepat dan tepat oleh seluruh pemangku kepentingan di lingkungan Pendidikan Tinggi agar mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di tengah persaingan.

 

Disebutkannya, pesatnya perkembangan teknologi di era revolusi industri 4.0 sangat berpengaruh terhadap karakteristik pekerjaan yang ada saat ini, dimana ketrampilan dan kompetensi menjadi hal pokok yang perlu diperhatikan. Karena di era revolusi industri 4.0 integrasi pemanfaatan teknologi serta internet yang begitu canggih dan masif juga sangat mempengaruhi adanya perubahan perilaku dunia usaha dan dunia industri, perilaku masyarakat dan konsumen pada umumnya. 

 

Menurutnya, karakteristik di era revolusi industri tersebut meliputi digitalisasi, optimation dan cutomization produksi, otomasi dan adaptasi, interaksi antara manusia dengan mesin, value added services and business, automatic data exchange and communication, serta penggunaan teknologi informasi.

 

"Oleh karena itu, dunia pendidikan dan industri harus mampu mengembangkan strategi transformasi industri dengan mempertimbangkan sektor sumber daya manusia yang memiliki kompetensi di bidangnya. Tantangan revolusi industri 4.0 harus direspon secara cepat dan tepat oleh seluruh pemangku kepentingan di lingkungan Pendidikan Tinggi agar mampu meningkatkan daya saing bangsa Indonesia di tengah persaingan," ucap rektor dihadapan para lukusan dan orang tua mahasiswa yang hadir pada moment bersejarah itu.

 

Rektor juga memaparkan bahwa berdasarkan Milestone Unpab  dimana dalam milestone tersebut telah ditetapkan bahwa pada tahun 2033 Unpab menuju kepada World Class University dalam mengusung visi ”Menjadi Perguruan Tinggi Swasta Yang Terkemuka Berbasis Religius Dalam Mengembangkan IPTEK Yang Bermanfaat Bagi Kemaslahatan Umat”.

 

"Mewujudkan hal tersebut maka salah satunya dalam Renstra kita melakukan perkuatan terhadap Profesional Dosen dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dan mengawal hasil proses tridharma terutama hasil Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. Dengan meningkatkan profesional dosen dalam melaksanakan Tridharma PT, maka dapat digambarkan pada masa depan, Upan diharapkan dapat mensejajarkan diri dengan beberapa universitas kelas dunia baik yang ada di dalam negeri maupun yang berada di luar negeri, terutama mampu bersaing dalam Era Revolusi Industri 4.0," tegasnya.

 

Pada wisuda kali ini, para wisudawan/wisudawati mengenakan toga bernuansa Melayu dengan ikat kepala khas adat Melayu, begitu juga para civitas Unpab juga mengenakan pakaian adat Melayu. Uniknya dekorasi pada acara wisuda itu juga dihiasi ornamen khas Melayu yang dominan berwarna hijau dan kuning.(BS06)


Tag: