Pendidikan

Rakor PTP Serdos, Kemenag Persiapkan Pelaksanaan Sertifikasi Dosen PTKI Tahun 2021



Rakor PTP Serdos, Kemenag Persiapkan Pelaksanaan Sertifikasi Dosen PTKI Tahun 2021
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kementerian Agama sedang mempersiapkan pelaksanaan Sertifikasi Dosen (Serdos) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Suyitno mengatakan, Serdos 2021 sudah ditunggu banyak pihak. Sebab, pada tahun sebelumnya tidak ada rekrutmen karena realokasi anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Tahun ini kita upayakan pelaksanaan Serdos dapat berjalan karena di tahun 2020 tidak ada rekrutmen akibat pandemi Covid-19. Untuk itu, instrumen dan konten harus dipersiapkan dengan baik,” terang Suyitno dalam Rapat Koordinasi Perguruan Tinggi Pelaksana (PTP) Sertifikasi Dosen di Bogor, awal pekan ini.

“Serdos adalah pintu masuk untuk menciptakan dosen profesional. Peserta Rakor diharapkan dapat memikirkan agar dosen yang sudah mendapatkan Serdos betul-betul paham tugas dan fungsinya," sambungnya, dilansir dari Kemenag.go.id, Jumat (07/05/2021).

Baca Juga : Gelar Vaksinasi Tahap II, USU Siap Gelar Kuliah Tatap Muka

Menurut Guru Besar UIN Palembang ini, salah satu ciri dosen profesional adalah menguasai ilmu di bidangnya dan memiliki kompetensi yang tinggi. “Bagian dari ciri dosen profesioal yaitu menguasai bidang ilmunya, sehingga mendapat haknya melalui sertifikasi dosen. Selain itu memilik ketrampilan dalam mengembangkan pengajaran, baik kompetensi pedagogik, media pembelajaran, dan juga fashion seorang dosen,” ungkapnya.


Tag: