Pendidikan

Playdate Anak Medan Fasilitasi Anak-anak Bermain Sambil Eksplorasi Berbagai Profesi Unik



Playdate Anak Medan Fasilitasi Anak-anak Bermain Sambil Eksplorasi Berbagai Profesi Unik
BERITASUMUT.COM/BS02

Beritasumut.com - Mendidik dan mengasuh anak hingga tumbuh menjadi pribadi yang baik, merupakan tugas utama orang tua. Dalam perjalanan tumbuh kembang anak, dibutuhkan perhatian, berbagai stimulasi dan dorongan untuk membantu anak mengeksplorasi minat dan bakatnya. Stimulasi yang dimaksud, tentunya harus dapat menyentuh empat ranah utama perkembangan, yaitu motorik kasar, motorik halus, bicara/bahasa, dan personal-sosial.

Demikian ungkap Liana Purba, Founder dari Playdate Anak Medan, forum yang menjadi wadah untuk kegiatan bermain anak. Sebagai ibu satu anak yang background pendidikannya Bidan, Liana memutuskan untuk tidak bekerja full time karena fokus mengurus anaknya di usia 2 tahun pertama. Dia akhirnya memutuskan untuk membuka usaha berbentuk aktivitas bermain anak yang dinamai Playdate Anak Medan.

"Awalnya saya dirikan ini karena anak saya tidak punya teman main seumuran di rumah. Jadi Playdate Anak Medan ini didirikan pada 14 Januari 2024. Saat pertama kali diumumkan di media sosial Instagram, akun kami langsung disupport oleh Bapak Aulia Rahman selaku Wakil Walikota Medan," ujarnya, Kamis (13/06/2024).

Adapuk bentuk kegiatan yang sudah kita lakukan itu ada banyak, lanjut Liana. "Diantaranya ada Cooking Class, Field Trip ke Pemadam Kebakaran, Konvoi bersama Satlantas, Hand Craft, dan lain sebagainya. Tujuan utama kami adalah menjadi wadah bermain sekaligus belajar yang menyenangkan buat anak dengan beranekaragam kegiatan. Tentunya kegiatan bermain dengan mengeksploasi berbagai tempat dan profesi menarik ini akan menambah banyak pengalaman bagi anak. Khususnya anak usia mulai dari 18 bulan," sambungnya.

Tak hanya bermain dan belajar, di kegiatan dengan kelompok umur relatif sama, anak-anak juga mendapatkan teman-teman baru di setiap kegiatannya. "Untuk bisa bergabung di Playdate Anak Medan caranya mudah sekali. Cukup follow Instagram @Playdate_AnakMedan lalu ikut berkegiatan, nantinya akan dikoordinir oleh Founder ke grup WhatsApp. Saat ini sudah ada 500-an Orangtua yang tergabung di dalamnya. Siapa saja boleh bergabung khususnya Medan, Binjai & Deli Serdang," papar Liana.

Dia berharap, ke depannya Playdate Anak Medan dapat terus menjadi wadah bagi para Orangtua membangun waktu yang berkualitas dengan bermain bersama anak-anaknya. Selain itu, juga menjadi ajang silaturahmi yang memberikan manfaat kepada seluruh Orangtua yang tergabung di dalamnya.

"Rencana ke depan, Playdate Anak Medan akan memperbanyak variasi kegiatan anak di setiap minggunya. Kami sangat terbuka untuk menjalin kerjasama dengan para sponsor ataupun investor yang tertarik bekerja sama dengan kami," pungkasnya. (BS02)


Tag: