Pendidikan

Nawal Lubis Berharap Pemkab Dairi Terus Prioritaskan Pembangunan PAUD



Nawal Lubis Berharap Pemkab Dairi Terus Prioritaskan Pembangunan PAUD
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengharapkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi terus memberikan perhatian khusus atau prioritas kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dalam rangka membangun karakter generasi muda yang baik.

Hal itu diungkapkan Nawal Lubis, sebagai Bunda PAUD Provinsi Sumut saat mengunjungi dan meresmikan PAUD Arihta di Desa Sitinjo I, Kecamatan Sitinjo, Kabupaten Dairi, Kamis (21/07/2022). Turut mendampingi, Bunda PAUD Dairi Romy Mariani Eddy Berutu.

Dalam sambutannya, Nawal Lubis menilai program pendirian PAUD di setiap desa merupakan satu langkah yang sangat baik bagi tumbuh kembang anak, baik kecerdasan, terlebih karakter yang mulai berinteraksi dengan orang lain di luar lingkungan keluarga.

"Saya dengar di kabupaten ini, sudah banyak berdiri PAUD. Itu sangat bagus sekali, karena anak usia dini memang harus diberikan pendidikan karakter. Kenapa ini penting, sebab anak merupakan peniru yang handal. Sehingga sejak awal harus kita bekali dengan contoh yang baik," jelas Nawal.

Peran penting pendidikan anak usia dini itu, lanjut Nawal, ada pada tutor sebagai pengajar dan orang tuanya sebagai pengawas, sekaligus pendidik di lingkungan keluarga dan masyarakat. "Jadi, walaupun mereka sudah kita titipkan ke PAUD, orang tua harus tetap mengawasi, karena anak perlu perhatian di rumah. Karena mereka akan menggantikan kita nanti," sebutnya.

Sementara Bunda PAUD Dairi Romy Mariana Eddy Berutu mengungkapkan bahwa pihaknya mendukung program Pemerintah Provinsi dan Pusat, untuk membangun satu PAUD di setiap desa. "Untuk saat ini, di Dairi ada 161 desa dan 8 kelurahan. Masih ada 22 desa lagi yang belum ada PAUD-nya. Rencana akan dibuat Peraturan Daerah (Perda), sehingga semua yang masuk SD, harus belajar di PAUD," sebut Mariana, didampngi Kadis Pendidikan Dairi Fatimah Boangmanalu dan Camat Sitinjo Toni Malau.

Peresmian PAUD Arihta Desa Sitinjo I, ditandai dengan penandatanganan prasasti, pengguntingan pita dan membuka tirai oleh Bunda PAUD Sumut Nawal Lubis bersama Budna PAUD Dairi Romy Mariani Eddy Berutu. Bunda PAUD Sumut juga menyempatkan diri bercengkrama bersama puluhan murid PAUD yang ada di lokasi, sekaligus memberikan bingkisan.(BS03)


Tag: