Pendidikan

Nadiem Makarim Kunjungi Candi Borobudur Dampingi Luhut, Mendikbud Komitmen Benahi Tata Kelola, dari Pelindungan sampai Pemanfaatan



Nadiem Makarim Kunjungi Candi Borobudur Dampingi Luhut, Mendikbud Komitmen Benahi Tata Kelola, dari Pelindungan sampai Pemanfaatan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Kompleks Candi Borobudur menyandang beberapa status, yaitu Warisan Dunia, Kawasan Cagar Budaya peringkat nasional, Kawasan Strategis Nasional, Obyek Vital Nasional, dan terakhir sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas.

Karenanya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim mendorong untuk lakukan pembenahan keseluruhan tata kelola, dari pelindungan sampai pemanfaatan, untuk memaksimalkan potensi kawasan ini.

Upaya tersebut diutarakannya saat mendampingi Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, pada Jumat (12/03/2021).

Menko Luhut menjelaskan, masalah utama yang tengah dihadapi Candi Borobudur adalah tekanan besar terhadap struktur candi. Hal ini disebabkan oleh peningkatan wisatawan Candi, yang mencapai 8.000 orang per hari pada 2019. Sementara, hasil studi Balai Konservasi Borobudur menunjukkan bahwa idealnya kawasan puncak Candi Borobudur hanya mampu menampung maksimal 128 pengunjung per sekali kunjungan setiap harinya.

“Saat ini pemerintah tengah melakukan penajaman dan penerapan Rencana Induk Pariwisata Terpadu Borobudur-Yogyakarta-Prambanan untuk mengembangkan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur menjadi pariwisata berkualitas,” kata Menko Luhut, dilansir dari Kemdikbud.go.id, Sabtu (13/03/2021).

Baca Juga : Kemenag Bakal Fasilitasi Candi Borobudur Jadi Pusat Perayaan Waisak Umat Buddha di Seluruh Dunia

Melengkapi pernyataan Menko Luhut, Mendikbud menekankan pentingnya upaya pembenahan yang holistik. “Candi Borobudur merupakan monumen Buddhis terbesar di dunia. Karya adiluhung ini merupakan bukti luar biasa tingginya intelektualitas nenek moyang bangsa Indonesia. Karenanya, rencana pengembangan dan pemanfaatan haruslah berorientasi pada semangat untuk melestarikan kekayaan budaya bangsa,” tegas Menteri Nadiem.


Tag: