Pendidikan

Musa Rajekshah Buka Kuliah Umum Mahasiswa Baru Poltekpar, Sumut Miliki Potensi Pariwisata Hingga Level Internasional



Musa Rajekshah Buka Kuliah Umum Mahasiswa Baru Poltekpar, Sumut Miliki Potensi Pariwisata Hingga Level Internasional
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Sumatera Utara (Sumut) memiliki potensi pariwisata yang bisa dikembangkan baik level nasional hingga internasional. Hal ini disampaikan Wakil Gubernur (Wagub) Sumut Musa Rajekshah saat membuka Kuliah Umum Mahasiswa Baru Program Pascasarjana (S2) Magister Terapan Perencanaan dan Pengembangan Pariwisata Politeknik Pariwisata Medan (Poltekpar) secara virtual di Rumah Dinas Wagub Sumut Jalan Teuku Daud Nomor 11 Medan, Kamis (30/09/2021).

Musa Rajekshah yang akrab disapa Ijeck menjelaskan, di masa pandemi seperti sekarang ini dibutuhkan inovasi agar pariwisata semakin berkembang. “Di masa pandemi ini memang banyak batasi ruang gerak kita berkunjung ke destinasi wisata kita. Namun kita tak bisa diam, berserah kepada nasib. Kita harus semangat, harus inovatif bagaimana kita bisa melakukan pengembangan agar daerah pariwisata kita bisa bangkit dan wisatawan kembali datang berkunjung,” jelas Ijeck.

Ditambahkan Ijeck, usaha Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut dalam mengembangkan pariwisata salah satunya adalah dengan mengembangkan desa wisata. Hal ini juga sesuai dengan slogan Pemprov Sumut yakni ‘Membangun Desa Menata Kota’. “Desa memiliki banyak potensi wisata. Kita Pemerintah Provinsi Sumut sedang mendorong agar desa desa kita bisa menjadi desa wisata yang kita bantu melalui BUMdes serta berbagai program dari OPD Pemprov,” jelas Ijeck.

Baca Juga : Inilah Dukungan Pemerintah untuk Pemulihan Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Apalagi, jelas Ijeck, ditetapkan Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas oleh Presiden Republik Indonesia, akan mendorong pariwisata di Sumut bisa semakin berkembang. Namun dirinya berharap, kabupaten/kota yang berada di sekitar Danau Toba harus mampu dan ikut berpartisipasi dalam pengembangan pariwisata di Danau Toba. “Apalagi ditambah dengan dijadikannya Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas oleh Presiden RI, kita harus terus dorong kabupaten/kota yang ada di sekitar Danau Toba agar meningkatkan sumber daya masyarakat agar siap mengelola Danau Toba dengan baik,” ujar Ijeck.


Tag: