Pendidikan

MINO KIT dari USU, Inovasi Robotik Semudah 'Plug and Play'



MINO KIT dari USU, Inovasi Robotik Semudah 'Plug and Play'
BERITASUMUT.COM/IST
Dijelaskannya, ide untuk merancang Mino Kit timbul dari permasalahan-permasalahan yang selama ini muncul ketika pengguna merakit suatu proyek menggunakan kit robot lainnya. Produk tersebut menggunakan kabel-kabel penghubung antar komponen yang malah semakin menimbulkan kerumitan dalam proyek yang tengah dibuat.

Mino Kit terdiri dari sebuah papan mikrokontroler dari pengembang Arduino yang dirancang dengan 7 soket agar dapat dipasang ke berbagai modul elektronik lainnya dengan mudah. Dari ke-7 buah soket tersebut, terdapat 6 buah soket yang digunakan untuk membaca sensor dan juga dapat mengendalikan keluaran baik secara digital maupun analog.

Selain itu terdapat 1 soket yang dapat digunakan untuk menampilkan data di komputer, melalui komunikasi data serial yang mendukung akses melalui komunikasi data serial yang mendukung akses melalui kabel maupun nirkabel. Mino Kit juga disertai dengan modul-modul elektronik berupa sensor actuator, perangkat pengirim data dan display yang dapat digunakan untuk membuat berbagai keperluan proyek.

Mino Kit diprogram melalui computer dengan menggunakan Bahasa pemrograman teks melalui software sktech Arduino dan Mino Kit juga dapat deprogram dengan menggunakan pemrograman blok melalui software Ardublock yang sangat menarik seperti menyusun sebuah puzzle.

“Mino Kit ini disertai dengan buku panduan, video pelajaran dan terdapat contoh-contoh proyek inovasi teknologi serta terdapat juga forum diskusi yang dapat digunakan untuk berbagi informasi dengan pengguna lainnya. Produk ini akan mendorong bertambahnya minat generasi muda dalam mempelajari ilmu teknologi dan menambah minat pelajar untuk terlibat dalam kompetisi robotik serta pameran karya ilmiah,” ujar Budi.


Tag: