Pendidikan

MINO KIT dari USU, Inovasi Robotik Semudah 'Plug and Play'



MINO KIT dari USU, Inovasi Robotik Semudah 'Plug and Play'
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Universitas Sumatera Utara (USU) melalui start up CV Mandike Instruments telah menciptakan Mino Kit, inovasi perangkat belajar dasar robotik bagi para siswa SMP dan SMU. Mino Kit berisi modul-modul elektronika beserta perangkat mikrokontroler berbasis Arduino, yang memiliki konsep seperti puzzle dan menggunakan soket-soket sebagai penghubung antar modul serta bersifat 'plug and code'.

Inovasi Mino Kit ini merupakan salah satu produk inovasi andalan yang menjadi binaan Lembaga Inovasi dan Inkubasi Teknologi Bisnis (LINKS USU). Dalam penggunaaannya Mino Kit ini berguna untuk membantu dan mempermudah pengguna dalam merancang suatu inovasi dalam bidang robotik.

Baca Juga : Peduli Kesehatan, Kapolda Sumut Berikan Makanan dan Vitamin kepada Personel Jajaran Polrestabes Medan

Modul elektronika yang terdapat dalam Mino Kit menggunakan pasangan soket yang disertai warna dan huruf pada masing-masing modul sehingga terlihat lebih menarik, mudah dalam pemasangannya dan dapat meminimalisir kesalahan yang dapat terjadi ketika memasangnya.

“Menggunakan Mino Kit ini semudah 'plug and play', sehingga untuk pengguna yang belum memiliki pengetahuan tentang elektronika sekalipun dapat melakukan dan mempelajarinya dengan mudah,” kata Dwi Budi Prasetyo, CEO Mandike Instruments dilansir dari laman usu, Minggu (25/07/2021).


Tag: