Pendidikan

Kemenpora-BNPT Latih Ribuan Pemuda Jadi Agen Anti Radikalisme



Kemenpora-BNPT Latih Ribuan Pemuda Jadi Agen Anti Radikalisme
BERITASUMUT.COM/IST
Nuruzzaman juga menitikberatkan kepada Kader Pemuda Anti Radikalisme dan Terorisme yang dibentuk oleh Kemenpora untuk menjaga dan merawat Komitmen Kebangsaan yang tertuang dalam Empat pilar Kebangsaan, yaitu Pancasila, UUD 45, NKRI, dan Bhineka Tunggal Ika.

Tugas kader ini yang utama adalah menjaga Komitmen Kebangsaan dengan menyebarkan pemahaman agama yang lebih damai di lingkungannya masing-masing. Selain itu, kader yang dibentuk oleh Kemenpora juga harus bisa membangkitkan kesadaran dan memberikan penayadaran kepada masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran paham radikalisme dan terorisme.

“Satu hal yang penting, idiologi terorisme masih mendapat ruang untuk berkembang karena adanya Silent Mayority. Penganut paham yang intoleran itu sedikit sekali, hanya saja sebagian besar ummat islam acuh tak acuh terhadap isu teroris, padahal pelan-pelan kita sedang disusupi idiologi yang mengancam kesatuan, ini tugas kader,” pesannya.

Baca Juga : Polrestabes Medan dan Gegana Brimob Sumut Gelar Simulasi Penanganan Ancaman Bom dan Teroris di SPBU Jalan Perintis Kemerdekaan

Arifin Majid, selaku Asdep Peningkatan Wawasan Pemuda Kemenpora turut menjelaskan bahwa Kader Pemuda yang disiapkan oleh Kemenpora, nantinya akan menjadi ujung tombak di tengah-tengah masyarakat untuk menangkal berbagai paham dan gerakan radikalisme dan terorisme yang mengarah pada perlawanan terhadap pemerintahan yang sah. “Pada bulan lalu, selama 4 hari kami telah melatih para pemuda, secara virtual, tentang wawasan kebangsaan dan anti paham radikalisme dan terorisme, mereka yang akan kami bina untuk menjadi kader di masyarakat untuk menangkal provokasi oknum-oknum yang menyebarkan paham radikalisme dan terorisme untuk melawan pemerintahan yang sah,” terangnya.


Tag: