Pendidikan

IKA FISIP USU Siap Dukung Program Rektor



IKA FISIP USU Siap Dukung Program Rektor
beritasumut.com/ist

Beritasumut.com-Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Muryanto Amin mengatakan pihaknya berkomitmen melaksanakan program Kampus Merdeka yakni dengan pembagian Satuan Kredit Smester (SKS) kepada para mahasiswa untuk belajar di kelas dan praktik di perusahaan ataupun instansi baik dalam maupun luar negeri.

"Untuk mengimbangi itu, para dosen juga nantinya tidak hanya berkutat di dalam kampus, tidak hanya memperbanyak SKS mengajar tetapi nantinya akan ada konsep dosen juga ada magang di luar kampus. Nanti kebijakannya akan menyusul, sehingga dosen tidak hanya mengajarkan teori dari buku-buku kepada mahasiswa," ujar Rektor USU pada kegiatan Silaturahmi Pengurus Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP USU) di Medan, Jumat (19/02/2021).

Menurut Muryanto Amin yang juga Dekan FISIP USU, peran ikatan alumni sangat besar dan berpengaruh dalam program yang akan dijalankan USU ke depannya. "Di sini letak peran IKA FISIP USU membantu memberi dukungan, membuka peluang di luar kampus, melalui alumni-alumni yang telah sukses di bidangnya dan tersebar di dalam maupun luar negeri" tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua umum IKA FISIP USU Hendra Utama mengatakan, pihaknya berada di garis terdepan mendukung upaya rektor membawa USU ke arah yang lebih maju."Kami pengurus IKA FISIP USU yakin dan percaya di bawah kepemimpinan Bapak Muryanto Amin, USU akan lebih maju," katanya.

Hendra menambahkan, program Rektor yakni Transformasi Universitas Sumatera Utara Merespon Disrupsi dan Hiper Kompetisi sangat relevan dan menjadi sebuah keharusan di era yang penuh dengan tantangan digital saat ini. "Kami menyambut baik semangat dari Rektor untuk memperkuat keterkaitan para alumni dengan almamaternya. Transformasi USU harus dimulai dari kurikulumnya, kemudian peningkatan SDM tenaga pendidik dengan memungkinkan tenaga profesional mengajar sebagai dosen, mudah-mudahan semua itu membawa kebaikan untuk kemajuan Fisip USU dan USU kedepannya" tambahnya.

Hal yang sama juga dikatakan Sekretaris Umum IKA FISIP USU, Fernanda Putra Adela program Kampus Merdeka merupakan upaya yang sangat baik dan harus didukung oleh seluruh lapisan di lingkungan USU terutama para alumni. "IKA FISIP senantiasa terus mendukung program rektor, khususnya program studi yang menerapkan kebijakan-kebijakan rektor," katanya.

Ketua Panitia Walid Mustafa Sembiring, mengatakan. kegiatan silaturahmi tersebut dihadiri pada para alumni, dosen di lingkungan FISIP USU. Menurutnya kegiatan terserbut selain sebagai bentuk rasa syukur atas terpilih dan dilantiknya Muryanto Amin sebagai Rektor USU juga mempererat keakraban antar para alumni. "Acara dilaksanakan dengan protokol kesehatan, yakni mengenakan masker, menjaga jarak, kami berharap dengan dilaksanakannya silaturahmi ini keakraban terus terjalin antar para alumni, dengan civitas akademis di USU," katanya.(BS10)


Tag: