Pendidikan

Hadiri Wisuda Institut Deli Husada Delitua, Edy Rahmayadi Ingatkan Kebutuhan dan Persaingan Tenaga Kesehatan Semakin Tinggi



Hadiri Wisuda Institut Deli Husada Delitua, Edy Rahmayadi Ingatkan Kebutuhan dan Persaingan Tenaga Kesehatan Semakin Tinggi
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi mengingatkan kepada wisudawan Institut Deli Husada Delitua tentang meningkatnya kebutuhan tenaga kesehatan beberapa tahun terakhir. Hal ini juga sejalan dengan peningkatan persaingan, sehingga dibutuhkan tenaga medis yang cakap dan berkualitas.

Ini dikatakan Gubernur Edy Rahmayadi saat acara wisuda mahasiswa Institut Deli Husada Delitua, Senin (26/09/2022) di Auditorium Deli Husada, Jalan Besar Delitua, Kabupaten Deliserdang. Menurutnya, mencintai pekerjaan, terus belajar dan motivasi, kunci untuk sukses menjadi tenaga medis.

“Populasi kita terus meningkat dan kebutuhan tenaga medis juga terus meningkat, tetapi persaingan juga semakin tinggi, bapak/ibu, adek-adek semuanya, jadilah tenaga kesehatan yang memang berkualitas,” kata Edy Rahmayadi, saat memberikan kata sambutan.

Dia juga mengungkapkan akan terus mendukung pertumbuhan lembaga pendidikan kejuruan terutama kesehatan, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja siap pakai. “Kalau bekerja di perusahaan mungkin 1 banding 100 atau bahkan 400, ratusan yang melamar 1 yang diterima, lalu yang lain ke mana, tetapi kalian tidak, karena kebutuhan akan tenaga kerja bidang kalian terus meningkat,” kata Edy Rahmayadi.

Pada tahun akademik ini 2021/2022, menurut Rektor Institut Deli Husada Delitua Johannes Sembiring ada 1.964 orang saat ini diwisuda. Mereka merupakan tenaga kesehatan keperawatan, farmasi, kebidanan dan kesehatan masyarakat.

Di tahun ini, jumlah yang mendaftar di Institut Deli Husada Delitua juga terbesar selama 39 tahun berdiri, yaitu 3.045 orang dan dinyatakan lulus 2.800 orang. Menurut Johannes Sembiring, ini karena para lulusan Institut Deli Husada Delitua memberikan reputasi baik di tengah masyarakat.

“Tahun ini tertinggi yang mendaftar, itu karena lulusan kita yang memiliki reputasi baik di tengah masyarakat,” kata Johannes.


Tag: