Pendidikan

Hadiri Dies FEB USU, Erick Thohir: Disrupsi Global Kian Berat, Kampus Harus Bertransformasi



Hadiri Dies FEB USU, Erick Thohir: Disrupsi Global Kian Berat, Kampus Harus Bertransformasi
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Perayaan Dies Natalis ke-60, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (FEB USU) menghadirkan Menteri BUMN Erick Thohir dalam acara Economic Outlook 2022 bertema 'Stregthening Indonesia with Civilized Economic' di Aula FEB USU secara hybrid, pertengahan pekan kemarin.

Dalam paparannya yang dipandu Dekan FEB USU Dr Fadli, Menteri BUMN mengatakan, saat ini dunia sedang menghadapi disrupsi yang sangat berat. Tak hanya disrupsi digitalisasi, tetapi juga distrupsi pasar global dan kesehatan.“Dan kalau kita lihat, di pasar global kemarin dengan adanya G20, semua negara di dunia mendorong transformasi,” ujar Erick dilansir dari laman usu, Minggu (28/11/2021).

Baca Juga : Dibimbing Dosen UMN, Guru SD IT Darussalam Manfaatkan Aplikasi Canva untuk Desain Media Pembelajaran Menarik

Ia juga tidak setuju jika supply chain memakai Sumber Daya Alam Indonesia untuk pertumbuhan bangsawan.“Sudah saatnya, kita harus menjadi sentra pertumbuhan dunia, tetapi market kita harus menjadi market pertumbuhan bangsa kita,” ucapnya.

Menurut Erick Thohir, disrupsi teknologi juga sangat menyeramkan. Top 10 besar perusahaan di Amerika yang dulunya berbasis SDA, saat ini tujuh di antaranya sudah berbasis teknologi.“Artinya, disrupsi ekonomi untuk digitalisasi bukan sesuatu yang bisa dihindari. Kita siap nggak ketika kita booming, generasi muda, bonus demografi kita. Indonesia punya market dan SDA, namun SDM kita menjadi tantangan,” tuturnya.


Tag: