Pendidikan

Dari 29 Ribuan ASN Pemprovsu, Terbesar di OPD Dinas Pendidikan



Dari 29 Ribuan ASN Pemprovsu, Terbesar di OPD Dinas Pendidikan
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Pasca beralihnya kewenangan pengelolaan SMA/SMK ke Pemerintah Provinsi Sumut (Pemprovsu) dari Kabupaten/ Kota membuat jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) membengkak. Dari yang sebelumnya hanya 11 ribuan kini mencapai 29 ribuan.

 

“Berdasarkan data terakhir jumlah tenaga pendidik dan tenaga struktural di dibawah OPD Dinas Pendidikan mencapai 18.683. Ditambah ASN non guru 10.770 dan 600 ASN yang akan pensiun total ASN Pemprovsu mencapai 29 ribuan lebih,” ujar Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sumut Kaiman Turnip kepada wartawan Senin (05/03/2018).

 

Dikatakan Kaiman, dari total ASN yang ada tersebar di 50 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) ditambah 6 jabatan staf ahli dan Asisten Setda Provsu. Selain Dinas Pendidikan, OPD lainnya yang penyebaran ASN-nya tinggi salah satunya Dinas Sumber Daya Air (SDA) Cipta Karya dan Tataruang mencapai 1149 ASN.

 

“Kenapa di OPD itu terkonsentrasi karena di OPD ini merupakan peleburan dua dinas yang menjadi satu yakni Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) dan Dinas Tataruang. Selain itu Dinas-dinas yang juga merupakan gabungan dari dua OPD seperti Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura, Dinas Ketahanan Pangan dan Peternak juga konsentrasi penyebaran ASN-nya tinggi," terang Kaiman.   

 

Saat disinggung apakah saat ini Pemprovsu masih memerlukan penerimaan ASN baru diakui Kaiman kalau Pemprovsu masih membutuh-kan tambahan ASN. Selain untuk mengisi kekosongan karena ASN yang pensiun juga untuk mengisi posisi-posisi yang dibutuhkan Pemprovsu untuk menunjang kinerja OPD masing-masing.

 

“Kalau dibilang kurang, tentu ASN kita masih kurang. Apalagi sudah empat tahun Pemprovsu tidak ada rekrutmen ASN. Tapi kalau ditanya berapa kebutuhan kita lagi belum bisa disampaikan karena belum semua OPD melaporkan Analisa Jabatan (Anjab) dan Analisi Beban Kerja (ABK) untuk disampaikan ke Kemenpan RB. Kita tunggulah berapa quota untuk rekrutmen di Sumut dari Pemerintah Pusat,” pungkasnya.(BS03)

 


Tag: