Pendidikan

BKD dan Diklat Pakpak Bharat Gelar Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah



BKD dan Diklat Pakpak Bharat Gelar Uji Kompetensi Kepala Sekolah dan Calon Kepala Sekolah
BERITASUMUT.COM/IST
Beritasumut.com-Sebanyak 165 Kepala Sekolah dan calon Kepala Sekolah untuk jenjang TK, SD dan SMP se-Kabupaten Pakpak Bharat mengikuti Uji Kompetensi dengan menggunakan CAT (Computer Assisted Test) System yang digelar BKD dan Diklat Pakpak Bharat, awal pekan kemarin. 

 

“Mungkin kita Kabupaten/Kota di Sumatera Utara yang pertama menyelenggarakan seleksi dan uji kompetensi dengan CAT System berbasis daring yang terintegrasi dengan server di BKN," ujar Bupati Pakpak Bharat, Remigo Yolando Berutu MFin MBA yang menyaksikan langsung proses ini di ruang CAT System Balai Diklat dengan didampingi Sekda Sahat Banurea SSos MSi, Ka BKD Sartono Padang SSos dan Ka Dinas Pendidikan Mester Padang SPd MM.

 

“Saya berharap bahwa yang kita lakukan ini dapat menjadi model dan dicontoh oleh wilayah-wilayah lain yang akan menyelenggarakan seleksi dan uji kompetensi, baik itu untuk aparatur dan para pejabat, ataupun para pelajar yang akan mengikuti ujian akhir," jelas Bupati seperti dilansir dari laman resmi pakpakbharatkab.go.id, Minggu (02/03/2017).

 

Bupati menjelaskan, bahwa jaringan daring (online) Pakpak Bharat termasuk yang terbaik karena menggunakan teknologi FO (Fiber Optic) yang sangat minim gangguan dan berkualitas dari segi materi penghantar karena menggunakan unsur serat kaca daripada teknologi masa lalu yang masih menggunakan kabel tembaga ataupun gelombang udara.

 

Menurut Bupati, penyelenggaraan Uji  Kompetensi dengan model seperti ini tidak sekedar mematuhi perintah Undang-undang. “Dibanding dengan sistem LJK (Lembar Jawaban Komputer), CAT System lebih menjamin transparansi dan obyektivitas serta lebih akuntabel. Selain itu sistem terbaru ini mempercepat proses pemeriksaan dan pelaporan hasil ujian," papar Bupati.

 

Kepala BKD yang didampingi kepala Bidang Pengadaan Mutasi Pembinaan dan Kesejahteraan Pegawai Darwin Berutu SH MM menambahkan bahwa Uji Kompetensi dengan CAT System ini berupa tes kemampuan dasar yang terbagi kepada Tes Intelejensia Umum, Tes Wawasan Kebangsaan dan Tes Karakteristik Pribadi. “Para peserta yang hadir saat ini juga telah melewati tes tertulis yang dilaksanakan Minggu lalu dan mereka adalah peserta gelombang I. Untuk gelombang kedua akan dilaksanakan pada akhir bulan April," terangnya. (BS02)

 


Tag: