Pendidikan

Awas, Begini Bahaya Anak Bebas Bermain Media Sosial



Awas, Begini Bahaya Anak Bebas Bermain Media Sosial
BERITASUMUT.COM/BS02

Beritasumut.com - Seiring kemajuan teknologi dan informasi, masyarakat semakin akrab dan erat dengan media sosial, tak terkecuali rentang usia anak. Pesatnya perkembangan media sosial tersebut, dikarenakan semua orang sudah dapat mengakses media sosialnya sendiri. Media sosial telah menghapus batasan-batasan manusia untuk bersosialisasi, baik dari jarak, ruang maupun waktu. Dengan media sosial ini, memungkinkan semua orang untuk berkomunikasi dimanapun dan kapanpun, lintas usia hingga wilayah.

Melihat kondisi ini, Dosen Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al Washliyah Novita Friska, S.Psi, M.Psi, selaku Ketua Tim Dosen yang melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM), bersama anggotanya datang ke sekolah tingkat SD untuk memberikan pemahaman kepada guru-guru di sekolah tersebut.

"Perkembangan media sosial ini sangat perlu diperhatikan. Keprihatinan kita ini juga harus disampaikan kembali kepada orang tua siswa agar mereka menyadari betul bahwa di era digital ini semua informasi diberikan dengan terbuka, sehingga sangat perlu melakukan pengawasan terhadap anak-anak dari konten yang belum sepatutnya diakses pada usia mereka," ujar Novita.

Dia menyebut, saat ini faktanya di masyarakat, banyak orang tua yang kurang mengikuti perkembangan kemajuan di era digital. "Mereka berpikir bahwa Handphone ada hanya sebagai alat komunikasi saja, namun belum memahami sepenuhnya aplikasi apa saja yang ada di dalam Handphone yang digunakan anak tersebut. Maka dari itu, pelatihan ini ditujukan guna memberikan pemahaman kepada orang tua, dalam hal ini adalah guru-guru di SD Negeri 066668 Jl. Eka Surya, Gg. Eka Surya, Kota Medan tentang perkembangan media sosial," tegasnya.

PKM ini telah dilaksanakan pada Senin (28/11/2022) lalu dan dihadiri guru-guru Sekolah Dasar yang memiliki bidang ilmu yang beragam dan dari tingkatan kelas yang berbeda. Novita Friska berharap, program ini akan berkelanjutan dan menjadi program pembinaan dari para tim dosen pengabdian.

Kepala SD Negeri 066668, Kasinah S.Pd., M.Si. menyambut baik kedatangan tim Dosen dari UMN Al Washliyah. Dia berharap program ini dapat menambah ilmu untuk guru-guru tentang pemahaman terhadap perkembangan media sosial di era digital ini. (BS02)


Tag: