Pendidikan

Gelar Diklat Penerjemahan Lisan, Setkab Hadirkan Penerjemah Bahasa Inggris, Prancis, dan Mandarin



 Gelar Diklat Penerjemahan Lisan, Setkab Hadirkan Penerjemah Bahasa Inggris, Prancis, dan Mandarin
beritasumut.com/ist

beritasumut.com -Sekretariat Kabinet (Setkab) kembali menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Teknis Penerjemahan Lisan. Diklat Angkatan III Tahun 2021 kali ini dilaksanakan secara virtual dan dibuka oleh Deputi Bidang Administrasi (Demin) Setkab Farid Utomo, Kamis (22/07/2021).

“Di dalam masa pandemi ini apapun juga pemerintahan mesti jalan dan salah satunya Sekretariat Kabinet juga harus melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai instansi pembina jabatan fungsional penerjemah, yaitu menyelenggarakan diklat-diklat teknis jabatan fungsional penerjemah,” ujar Farid dalam sambutannya.

Farid memandang bahwa kompetensi terkait penerjemahan merupakan kemampuan bawaan yang terdapat di dalam diri seseorang. Namun, terdapat pengetahuan-pengetahuan lainnya yang harus diperoleh oleh seorang pejabat fungsional penerjemah (PFP).

“Di situlah peran Sekretariat Kabinet sebagai instansi pembina, mencoba memberikan atau memfasilitasi tambahan-tambahan pengetahuan, teori, praktik, maupun dari para narasumber-narasumber yang mumpuni untuk meningkatkan kemampuan kompetensi dari teman-teman pejabat fungsional penerjemah,” jelasnya.

Demin pun berharap agar dilat ini dapat meningkatkan kompetensi para PFP sekaligus memberikan manfaat bagi Indonesia.

“Sekali lagi, saya mengucapkan selamat melaksanakan Diklat Penerjemahan Lisan Angkatan III ini. Kita berdoa bersama bahwa semoga ini semua memberikan manfaat tidak hanya bagi diri kita sendiri, tetapi khususnya bagi nusa dan bangsa,” pungkasnya.


Tag: