Olahraga

Buka Kejuaraan Indonesia Wushu All Game 2023, Pj Gubernur Sumut Harap Lahirkan Atlet-atlet Berprestasi



Buka Kejuaraan Indonesia Wushu All Game 2023, Pj Gubernur Sumut Harap Lahirkan Atlet-atlet Berprestasi
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin membuka secara resmi Indonesia Wushu All Game (IWAG) 2023. Lewat kompetisi ini, Hassanudin ingin lebih banyak lagi lahir atlet-atlet Wushu berprestasi dari Sumut.

Ini merupakan event ketiga (season 3) IWAG setelah diselenggarakan perdana pada tahun 2020 di Jakarta. Atlet-atlet Wushu dari berbagai daerah juga terlihat mengikuti IWAG 2023 yang di selenggarakan di GOR Dispora Sumut, Jalan Williem Iskandar, Medan, Minggu (10/12/2023).

“Atlet-atlet Wushu dari Sumut sudah tidak diragukan lagi prestasi-prestasinya, tetapi tentu kita ingin ini terus beregenerasi karena itu butuh pembinaan dari sejak kecil dan kompetisi-kompetisi seperti ini bisa menjadi filter,” kata Hassanudin usai membuka Wushu All Game 2023.

Kejuaraan ini juga menurut Hassanudin bisa menjadi bahan evaluasi atlet dan pelatih. Sehingga atlet mengetahui perkembangan kemampuannya dan juga kemampuan lawan-lawannya.

“Kejuaran ini bisa kita pakai sebagai alat ukur mengevaluasi atlet, sampai mana kemajuan yang sudah kita dapat dan juta menjadi try out bagi mereka sehingga terbiasa dengan kompetisi-kompetisi besar,” kata Hassanudin, yang juga pernah menjadi pembina Wushu di Jakarta.

Sementara itu, Sekjen Pengurus Besar Wushu Indonesia (PBWI) Ngatino mengatakan pihaknya berkomitmen kuat membina atlet-atlet olahraga bela diri ini. Apalagi, Wushu telah banyak menorehkan prestasi berskala internasional.

Agustus 2023, Timnas Junior Wushu Indonesia menyabet 6 emas, 14 perak dan 10 perunggu pada Asia Junior Championship 2023 di Macau. Pada Sea Games Kamboja, Indonesia menjadi juara umum cabor ini dengan 6 emas, 6 perak dan 2 perunggu.

“Luar biasa prestasi Wushu kita dan atlet-atlet Sumut salah satu yang ikut menorehkan prestasi tersebut, tidak diragukan lagi hasil dari pembinaan atlet Wushu di Sumut,” kata Ngatino.


Tag: