Olahraga

Aquabike Jetski Danau Toba, Polda Sumut Perketat Keamanan Hotel



Aquabike Jetski Danau Toba, Polda Sumut Perketat Keamanan Hotel
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Polda Sumatera Utara (Sumut) memperketat pengamanan terhadap sejumlah hotel yang menjadi lokasi penyelenggaran Event Aquabike Jetski Danau toba 2023 selama 24 jam.

Kabid Humas Polda Sumut, Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, selama digelarnya Aquabike Jetski 2023 Direktur Pamobvit Polda Sumut bersama Direktur Polairud terus melaksanakan peninjauan lokasi hotel tempat menginap para delegasi peserta Aquabike maupun pengunjung.

"Tujuannya untuk memastikan pengamanan, sehingga peserta Aquabike maupun pengunjung selama menginap di hotel merasa aman dan nyaman," katanya, Selasa (21/11/2023).

Lebih lanjut Hadi mengungkapkan, pengamanan hotel yang dilaksanakan itu berada di Kota Balige, Samosir, Dairi dan Karo. Nantinya personel secara intens akan melakukan pemeriksaan kepada setiap pengunjung dan juga lokasi-lokasi lain untuk mengantisipasi adanya gangguan.

"Pengamanan ini sebagai bentuk pelayanan yang diberikan Polda Sumut dalam mendukung suksesnya kegiatan internasional tersebut," tegasnya.

Selain itu, sebut Hadi, Polda Sumut juga telah memasang 34 kamera CCTV untuk memantau situasi keamanan saat digelarnya Aquabike.

"Pemasangan CCTV untuk memonitoring sistem keamanan saat berlangsungnya Event Aquabike Jetski Championship 2023 di Kawasan Danau Toba," tuturnya.

Turunkan Bus Command and Monitoring

Tak hanya itu, Hadi juga menerangkan Polda Sumut turut menurunkan Bus Command and Monitoring Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) dalam rangka memperkuat pengamanan Aquabike Jetski Danau Toba ini.

Hadi membeberkan, diturunkannya bus tersebut karena memiliki desaign teknologi canggih dalam melakukan monitoring pengamanan secara digital.

"Untuk cabin penumpang telah dimodifikasi sebagai ruang posko dan monitoring dilengkapi perangkat oomputer all in One berukuran 70 inci (Monopod) kamera web, aplikasi monitoring operasi seperti SOT Presisi dan Early Warning System, full soundsystem serta toilet," terangnya.

Hadi mengungkapkan, bus ini mampu memantau situasi di seputaran objek wisata yang diamankan dari jarak maksimal 500 meter yang terhubung dengan kamera CCTV.

"Juga dilengkapi lima unit Multi Terrain Balancing Wheel (Sigway) sebagai sarana patroli petugas polisi pariwisata berikut perlengkapan perorangan serta dua unit sepeda listrik," imbuhnya.

Hadi menambahkan, Ditpamobvit Polda Sumut juga telah menyiapkan dua unit kendaraan ATV sebagai sarana patroli personel polisi pariwisata untuk memantau situasi keamanan selama berlangsungnya Aquabike Jetski Danau Toba mulai 22-26 November 2023.

"Serta penggunaan alat khusus X-Ray, Security Door dan Metal Detector sebagai alat sterilisasi pemeriksaan terhadap tamu maupun pengunjung saat memasuki venue pertandingan dalam mencegah terjadi aksi teror," pungkasnya.(BS04)


Tag: