Kesehatan

Walikota Medan Canangkan Bakti Sosial TNI-KKBK-KES Tingkat Kota Medan



Walikota Medan Canangkan Bakti Sosial TNI-KKBK-KES Tingkat Kota Medan
beritasumut.com/BS07
Beritasumut.com-Walikota Medan, Drs HT Dzulmi Eldin S MSi MH dihadiri Wakil Walikota Medan, Ir H Akhyar Nasution MSi mencanangkan bakti sosial TNI-KKBK-KES Tingkat Kota Medan, di Lapangan Benteng Medan, Rabu (31/07/2019).

 

Bakti sosial TNI-KKBK-KES ini terselenggara berkat Kerjasama Pemko Medan dengan Kodim 0201/BS yang telah berlangsung dari bulan Mei - Oktober 2019 di 21 Kecamatan sekota Medan.

 

Dalam sambutanya Wakil Wali Kota Medan mengatakan salah satu kendala dalam pelaksanaan program KB di tanah air adalah mengenai minimnya pengetahuan masyarakat tentang tatacara pelaksanaan KB yang baik dan benar. Selain itu Kendala lainya adalah masih berlaku dan dipercayainya berbagai pantangan terkait tradisi budaya maupun ajaran agama yang seolah-olah kurang mendukung program KB ini.

 

Untuk itu, Pemerintah sejak lama telah berusaha merangkul berbagai pihak untuk turut dalam upaya menyukseskan program KB. Salah satu yang merespon upaya ini adalah TNI.

 

"Dengan jumlah personelnya yang cukup banyak dan tersebar di berbagai wilayah di tanah air, dukungan dari TNI ini insya allah akan mampu membantu menyukseskan program KB dan membuat TNI semakin di cintai oleh rakyat," kata Wakil Walikota Medan.

 

Disamping itu juga lanjut Wakil Walikota Medan, sebagai upaya penguatan dan peningkatan sasaran program keluarga sejahtera melalui KB, kegiatan bakti sosial TNI-KKBK-KES tingkat Kota Medan merupakan komitmen bersama antara TNI dan BKKBN yang di awali dengan penandatanganan MOU antara Panglima TNI dan Kepala BKKBN Pusat kemudian dilanjutkan ke tingkat Kodam sampai ke jajaran. Seluruh pihak yang terlibat dalam kegiatan bakti sosial ini nantinya akan memberikan sosialisasi kepada masyarakat dengan tujuan agar masyarakat memahami pentingnya program KB ini.

 

"Saat ini penduduk dunia sudah lebih dari 7 milyar, sementara sumber daya terbatas, karena itu program KB ini sangat baik untuk mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, sebab apabila tidak dikendalikan ini akan menjadi bencana kependudukan," ujar Wakil Walikota Medan.

 

Usai dilakukannya pencanangan, selanjutnya Wakil Wali Kota Medan didampingi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan, Drg Hj Usma Polita Nasution MKes serta unsur muspida Kota Medan yang hadir meninjau langsung pelayanan kesehatan yang ada di lokasi acara.

 

Sebelumnya, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Medan, Drg Hj Usma Polita Nasution MKes dalam laporannya mengatakan rencana operasional dan kegiatan yang dilaksanakan dalam bakti sosial TNI-KKBK-KES ini meliputi pelayanan KB gratis bagi warga kota Medan di 21 Kecamatan, peningkatan penyuluhan KB dan peran serta pria menjadi akseptor KB Vasektomi dan Kondom, serta melakukan pembinaan ketahanan keluarga melalui peningkatan kualitas bina keluarga balita (BKB), para remaja, lanjut usia, dan orang tua.

 

"Sedangkan pelayanan yang dilakukan pada saat pencanangan ini yaitu pelayanan KB gratis sebanyak 1404 akseptor, donor darah, dan pemeriksan kesehatan gratis seperti pemeriksaan mata, kadar gula darah, kolestrol dan asam urat serta papsemeer," jelas Usma Polita.(BS07)


Tag: