Kesehatan

Tren Kasus Aktif Menurun, Sumut Masuk Level II Situasi Covid-19



Tren Kasus Aktif Menurun, Sumut Masuk Level II Situasi Covid-19
beritasumut.com/ilustrasi

beritasumut.com - Jumlah kasus aktif Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hingga kini terus berada dalam tren menurun. Tercatat, pada Selasa (21/09/2021) sesuai data milik Kemenkes, total kasus aktif atau orang yang terpapar Covid-19 di Sumut saat ini tinggal menyisakan 3.193 orang.

Jumlah tersebut diketahui, dari update data kasus konfirmasi positif berjumlah 103.719 usai bertambah 315 kasus baru. Kemudian total kasus kesembuhan sebanyak 97.747 orang usai bertambah 577 kasus dan kasus kematian berjumlah 2.779 usai bertambah tujuh orang.

Dari data tersebut maka diketahui saat ini, jumlah orang yang sedang atau tengah terinfeksi Covid-19 di Provinsi Sumut ada sebanyak 3.193 orang. Jumlah ini mengalami penurunan 269 poin dari hari sebelumnya sebesar 3.462 orang.

Terpisah, terkait perkembangan penanganan Covid-19 di Provinsi Sumut yang terus membaik ini, membuat Kemenkes RI memasukkan Provinsi Sumut dalam level II terkait situasi Covid-19 di tanah air.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah menyampaikan, penetapan itu sesuai asesmen perkembangan situasi Covid-19 pertanggal 15 September 2021. "Secara umum Sumut sekarang sudah turun ke Level II. Sumut sendiri berada di level ini bersama 22 Provinsi lainnya," ungkapnya.

Untuk daerah yang menjadi level I, Aris menyebutkan, berdasarkan asesmen tersebut hanya di isi oleh Provinsi Jawa Timur. Lalu untuk level III terdapat 10 Provinsi dan Level IV nihil atau kosong.

Sedangkan untuk Kabupaten/Kota di Sumut secara khusus, Aris menjelaskan, saat ini sudah tidak ada lagi wilayah yang statusnya berada pada Level IV. Namun untuk level I, kata dia, sejauh ini masih hanya terdapat satu Kabupaten saja yakni, Deliserdang.

Kemudian, sambung Aris, untuk level II terdapat 21 Kabupaten/Kota yakni, Toba, Taput, Tapsel, Tapteng, Simalungun, Samosir, Pakpak Bharat, Nias, Nias Utara, Nias Selatan, Nias Barat, Madina, Labusel, Labuhanbatu, Sibolga, Padangsidimpuan, Gunung Sitoli, Karo, Humbahas, Dairi dan Asahan.

Selanjutnya untuk level III terdapat 11 wilayah, masing-masing adalah Sergai, Paluta, Padang Lawas, Langkat, Labura, Tebingtinggi, Tanjungbalai, Pematangsiantar, Medan, Binjai dan Batubara.

"Namun begitu kepada masyarakat tetap kita imbau agar terus disiplin menjalankan protokol kesehatan, agar Sumut benar-benar menang melawan Covid-19," pungkasnya.(BS04)


Tag: