Kesehatan

Tokoh Masyarakat Sumut Digandeng Sosialisasikan Prokes Covid-19



Tokoh Masyarakat Sumut Digandeng Sosialisasikan Prokes Covid-19
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Kasus penularan Covid-19 di Indonesia, termasuk Sumatera Utara (Sumut) terus meningkat. Apalagi saat ini, Covid-19 varian baru sudah terdeteksi dan berpotensi lebih berbahaya. Untuk menghentikan penyebarannya, penerapan protokol kesehatan (Prokes) wajib diterapkan oleh masyarakat tanpa kecuali.

Karena itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi meminta para tokoh masyarakat untuk turut serta menyosialisasikan Prokes. Tokoh masyarakat dianggap lebih dekat dengan masyarakat, sehingga akan lebih mudah memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya penerapan Prokes untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

"Dari awal saya sampaikan persoalan Covid-19 ini masalahnya di masker (Prokes), tak ada yang lain, untuk itu, tokoh-tokoh masyarakat kita ini harus bersuara, ajak masyarakat pakai masker," ujar Gubernur, pada kegiatan Sosialisasi Pedoman Protokol Kesehatan kepada Tokoh Masyarakat di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman, Medan, Rabu (21/07/2021).

Gubernur bercerita, pernah sewaktu bertemu dengan masyarakat, masih ada masyarakat yang tidak menetapkan Prokes, khususnya pakai masker. Lantas Gubernur memberikan masker kepada orang tersebut. "Tapi, setelah dikasih (masker), bukannya dipakai malah dikantongi," tuturnya.

Menurut Edy Rahmayadi, peran tokoh masyarakat sangat penting. Tokoh masyarakat bisa berkontribusi memberi sosialisasi sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Pemerintah tidak bisa bekerja sendiri dan perlu kontribusi dari setiap masyarakat.

"Kalau Anda tidak berbuat sesuatu, tak akan pernah selesai pandemi ini, saya kepingin ini bersama-sama, mari kita bergandengan tangan, " kata Edy, kepada tokoh masyarakat yang hadir.


Tag: