Kesehatan

Seluruh Kabupaten/Kota Masih Zona Kuning Covid-19



Seluruh Kabupaten/Kota Masih Zona Kuning Covid-19
beritasumut.com/ilustrasi

beritasumut.com - Provinsi Sumatera Utara (Sumut) hingga saat ini masih terus mempertahankan trend positif perkembangan penanganan Covid-19. Berdasarkan data yang disampaikan Satgas penanganan Covid-19 melalui website resminya, kendati belum memperoleh zona hijau, seluruh Kabupaten/Kota di Sumut masih tetap berada dalam status zona kuning (risiko rendah) penyebaran Covid-19, Rabu (20/10/2021).

Seperti diketahui, penetapan status zonasi risiko daerah tersebut, dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat dengan menggunakan skoring dan pembobotan. Indikator yang digunakan adalah epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya sesuai update pertanggal 17 Oktober 2021 oleh Satgas Covid-19 Pusat.

Kemudian adalah, indikator surveilans kesehatan masyarakat, seperti jumlah pemeriksaan sampel diagnosis meningkat selama dua minggu terakhir. Selanjutnya, indikator pelayanan kesehatan, yakni jumlah tempat tidur di ruang isolasi rumah sakit rujukan mampu menampung sampai dengan lebih dari 20 persen jumlah pasien positif Covid-19 yang dirawat.

Sementara itu, terkait dengan penurunan kasus Covid-19 yang terjadi di Sumut, berpengaruh signifikan terhadap tingkat keterisian tempat tidur atau Bed Occupancy Rate (BOR) Covid-19 di rumah sakit yang saat ini angkanya tak sampai 5 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis melalui Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan dr Nelly Fitriani menyebutkan, angka BOR ICU Covid-19 Sumut pertanggal 18 Oktober 2021 yaitu sebesar 4,26 persen.

"Pada awal bulan Oktober ini, BOR ICU mencapai 11,78 persen. Namun, saat ini turun menjadi 4,26 persen. Penurunan terjadi sejak sekitar dua minggu terakhir," ungkapnya.

Nelly melanjutkan, penurunan juga terjadi pada BOR Isolasi Covid-19 Sumut. Sebelumnya pada awal bulan ini mencapai 6,13 persen, kini turun menjadi 2,53 persen. "Begitu juga untuk BOR Isolasi Covid-19 Medan, saat ini di angka 3,47 persen dari sebelumnya 8,05 persen dan BOR ICU 5,24 persen dari 15,3 persen," sebutnya.


Tag: