Kesehatan

Satgas Prokes PON Kab. Mimika Apresiasi Penonton Masih Taat Prokes Hingga Hari Terakhir Pertandingan



Satgas Prokes PON Kab. Mimika Apresiasi Penonton Masih Taat Prokes Hingga Hari Terakhir Pertandingan
beritasumut.com/ist

beritasumut.com - Pelaksanaan olahraga yang aman Covid-19 menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua tahun 2021. Di tengah pandemi Covid-19 yang masih terjadi, PON XX dilaksanakan dengan cara yang berbeda dibandingan penyelenggaraan PON tahun " tahun sebelumnya.

Perbedaan tersebut dengan adanya penerapan protokol kesehatan demi berlangsungnya PON dengan lancar dan menekan laju penyebaran Covid-19.

Penyelenggara PON XX Papua bersama Satuan Tugas Protokol Kesehatan (Satgas Prokes) PON telah melakukan upaya untuk mengurangi potensi penyebaran Covid-19 di seluruh venue pertandingan sejak sebelum di mulainya PON dengan memberikan tanda pembatas jarak antar penonton di dalam venue, menyiapkan tempat cuci tangan di berbagai titik dan pemasangan spanduk tentang edukasi pencegahan Covid-19.

Kemudian Satgas Prokes setiap hari menempatkan gerai di semua venue pertandingan dengan membagi-bagikan masker dan mengedukasi masyarakat akan pentingnya penerapan protokol Kesehatan.

Hingga hari terakhir penyelenggaraan PON XX klaster Mimika yaitu Kamis (14/10/2021), tingkat ketaatan penonton terhadap protokol kesehatan cukup tinggi, hal itu terlihat dengan tertibnya masyarakat untuk masuk ke dalam venue, sebelum masuk dicek terlebih dahulu suhu para penonton, kemudian selalu menggunakan masker saat di dalam dan di luar, serta duduk di dalam sesuai dengan tanda dan arahan dari panitia untuk menjaga jarak.

Hal itu senada dengan apa yang diungkapkan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kab. Mimika Yosias Lossu.

"Penonton tetap menjaga jarak mengikuti tanda-tanda yang disediakan oleh panitia ketika berada di dalam stadion," ungkap Yosias.

Menurutnya tingkat kesadaran penonton akan protokol kesehatan di venue terus meningkat setiap harinya.

"Tingkat kesadaran masyarakat meningkat akibat adanya PON, sejalan dengan edukasi yang dilakukan oleh Satgas Prokes," tuturnya yang juga menjabat sebagai wakil ketua Subsatgas Prokes PON Kab. Mimika.


Tag: