Kesehatan

RSUP H Adam Malik Luncurkan Program ‘One-Heart’ Kardiovaskular Sumut



RSUP H Adam Malik Luncurkan Program ‘One-Heart’ Kardiovaskular Sumut
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM) melakukan inovasi bagi pelayanan kardiovaskular di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). Inovasi itu, disebut dengan program ‘One-Heart’. Direktur Utama (Dirut) RSUPHAM dr Zainal Safri SpPD-KKV SpJP (K) menjelaskan, inovasi ini merupakan program pelayanan dan pengampuan di bidang kardiovaskular untuk seluruh rumah sakit di Sumut.

Dia menjelaskan, setidaknya ada tiga layanan yang bisa dicapai melalui layanan ini. "Nomor satu adalah secara telemedicine dan online, sehingga teman-teman di daerah bisa melakukan telekonsultasi. Misal, ada kasus di Nias yang potensi darurat, langsung saja menggunakan ini, dan 24 jam akan ditangani oleh teman-teman SDM (dokter spesialis) di RSUPHAM," ungkapnya, Jumat (01/10/2021).

Selain fitur telekonsultasi, terang dia, aplikasi One-Heart ini juga menyediakan fitur pelatihan dan pendidikan. Kemudian konsultasi manajemen dalam pelayanan kardiovaskular yang dapat diakses setiap rumah sakit yang ada di Sumut. "Konsep One-Heart yang berjalan 24 jam dalam tujuh hari ini adalah konsultasi antar fasyankes (fasilitas pelayanan kesehatan). Begitu juga, bisa langsung antar dokter, dari IGD, dari rawat inap bisa langsung menggunakan program ini," terangnya.

Baca Juga : Peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia, Dirut RSUP HAM Sebut Ini Harus Jadi Budaya

Lebih lanjut Zainal memaparkan, sejumlah permasalahan dalam pelayanan kardiovaskular di Sumut saat ini, salah satunya ialah sebaran dokter spesialis kardiologi yang belum merata. Berdasarkan data, dari total 33 rumah sakit pemerintah yang ada di Sumut saat ini, kata dia, sebanyak 15 rumah sakit belum memiliki dokter spesialis kardiologi, sedangkan rumah sakit yang sudah memiliki layanan pusat jantung terpadu hanya satu, yaitu RSUPHAM.


Tag: