Kesehatan

Program BASS Bobby Nasution Dukung Penurunan Stunting, Terus Perkuat Pencegahan



Program BASS Bobby Nasution Dukung Penurunan Stunting, Terus Perkuat Pencegahan
beritasumut.com/BS07
Lusty Ro Manna Malau, pendiri komunitas Perempuan Hari Ini Kota Medan menyampaikan apresiasi atas kepedulian dan kerja keras Bobby Nasution dalam menangani dan mengangkat stunting sebagai persoalan penting yang harus segera diselesaikan, termasuk dengan program BAAS. Langkah yang dilakukan ayah tiga anak itu dinilai menurunkan angka stunting.

Meski angka stunting turun, namun Lusty berharap agar Pemko Medan harus tetap melakukan upaya pencegahan sehingga ke depannya stunting tidak lagi menjadi masalah di masyarakat urban. “Jika keberhasilan dalam penanganan stunting ingin mencapai optimal, maka dana yang dianggarkan perlu dialokasikan dalam bentuk edukasi kepada orang tua secara rutin. Lalu, kaderisasi dan edukasi anggota posyandu serta dukungan dana pada puskesmas serta posyandu dalam melayani ibu dan anak juga perlu dilakukan,” bilang Lusty.

Pendiri komunitas yang menjadi wadah berbagi, belajar dan berdiskusi untuk perempuan muda di Kota Medan ini pun selanjutnya menambahkan, jika memungkinkan, perlu dilakukan pemantauan rutin terhadap posyandu-posyandu yang ada dengan mengaktifkan kembali layanan timbangan rutin pada bayi dan balita.

“Selain itu, konsultasi ibu, tips makanan pengganti air susu ibu (MPASI) yang ramah gender serta pengisian kartu rutin catatan kesehatan bagi ibu yang memiliki anak. Artinya, upaya pencegahan perlu diperkuat,” ujarnya menyarankan.(BS07)


Tag: