Kesehatan

Peta Zonasi Covid-19 di Sumut Diperbaharui, Kota Medan Jadi Zona Merah



Peta Zonasi Covid-19 di Sumut Diperbaharui, Kota Medan Jadi Zona Merah
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Satgas Penanganan Covid-19 pusat kembali memperbaharui data peta zonasi Covid-19 untuk Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Kamis (24/6/2021). Sebelumnya, pada siang hari Kota Medan masih ditetapkan sebagai zona orange (risiko sedang), namun sore telah diupdate menjadi zona merah (risiko tinggi).

Informasi ini sendiri disampaikan Satgas Covid-19 dalam laman mereka di https://covid19.go.id/peta-risiko. Penetapan dilakukan melalui hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah per tanggal 20 Juni 2021, dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat, berupa epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya.

Sebelumnya, dalam laman itu disebutkan, bahwa untuk zona kuning meningkat dari 13 menjadi 16 Kabupaten/Kota yakni, yakni Pakpak Bharat, Tebingtinggi, Labuhanbatu, Madina, Serdang Bedagai, Padang Lawas, Tapanuli Tengah, Toba, Labuhanbatu Selatan, Sibolga, Tapanuli Selatan, Simalungun, Labuhanbatu Utara, Binjai, Langkat dan Asahan.

Baca Juga : Petugas Satgas Covid-19 Tindak Tegas Pelaku Usaha yang Langgar Aturan Jam Operasional

Kemudian untuk zona hijau, penambahan dua daerah baru, Kabupaten Samosir dan Kota Pematangsiantar. Di mana pada minggu sebelumnya, zona hijau Sumut hanya terdapat 7 daerah yaitu, Nias Barat, Gunung Sitoli, Nias, Padang Lawas Utara, Humbahas, Nias Utara dan Nias Selatan.


Tag: