Kesehatan

Peringati World Health Day, Layanan Kesehatan yang Adil Sejauh Ini Belum dapat Diwujudkan



Peringati World Health Day, Layanan Kesehatan yang Adil Sejauh Ini Belum dapat Diwujudkan
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com-Masyarakat di seluruh dunia setiap tanggal 7 April memperingati Hari Kesehatan Internasional (World Health Day). 'Building a fairer, healthier world' atau membangun dunia yang lebih adil dan lebih sehat, itulah tema yang dibuat WHO pada peringatan tahun ini.

Layanan kesehatan yang berkualitas memang sangat penting diwujudkan. Namun sejauh ini hal itu belum juga dapat diwujudkan."Itulah yang kita perjuangkan selama ini. JKM itu juga didirikan temanya adalah bagaimana kesehatan bisa diakses untuk semua," ungkap Ketua Jaringan Kesehatan Masyarakat (JKM) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dr Delyuzar MKed (PA) SpPA (K).

Baca Juga :

Lebih jauh Delyuzar mencontohkan, khususnya bagi daerah yang terpencil dan sulit dijangkau, masyarakatnya belum dapat menikmati layanan kesehatan yang berkualitas tersebut. "Jadi bukan sekedar mendapatkan akses, kualitas kesehatan yang didapatkan juga harus sama," terangnya.

Belum lagi, lanjut Delyuzar, persoalan sarana dan prasana yang membuat layanan kesehatan berkualitas belum dapat terwujud. Delyuzar mengusulkan agar kiranya pemerintah juga dapat menambah anggaran kesehatan seperti halnya yang diberikan pada anggaran pendidikan.


Tag: