Kesehatan

Penderita Maag, Inilah Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Berpuasa



Penderita Maag, Inilah Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Berpuasa
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI
Sakit maag.
Beritasumut.com-Bagi Anda penderita penyakit maag, dianjurkan untuk mengurangi makanan dan minuman mengandung gas dan terlalu banyak serat. Pasalanya, makanan dan minuman seperti ini dapat memicu dan memperberat gejala sakit maag.

 

"Di antaranya, sayuran tertentu seperti sawi dan kol, buah-buahan tertentu, yakni nangka dan pisang ambon, kedondong dan buah yang dikeringkan," ujar dr M Aron Pase SpPD kepada wartawan, Rabu (07/06/2017).

 

Selain itu, Anda juga diminta untuk mengonsumsi makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung. Antara lain kopi, minuman beralkohol sebesar lima hingga 20 persen, anggur putih dan sari buah sitrus atau susu full cream.

 

Aron mengatakan, anjuran itu merupakan rekomendasi dan perhatian khusus dalam pola makan dan minum ketika berpuasa bagi mereka yang mengalami sakit maag. Dalam dunia medis, kondisi tersebut sering disebut dispepsia."Untuk minum, masyarakat harus menghindari minuman yang mengandung gas. Misalnya minuman bersoda, makan permen karet dan merokok," jelasnya.

 

Tidak hanya yang mengandung gas dan terlalu banyak serat, ia juga menganjurkan untuk menghindari makanan yang sulit dicerna, yakni makanan berlemak seperti kue tar, cokelat dan keju. Hal itu dikarenakan dapat memperlambat pengosongan lambung dan dapat meningkatkan peregangan lambung."Begitu juga, makanan yang mengandung cuka, pedas, merica dan bumbu yang merangsang juga harus dihindari, karena secara langsung dapat merusak dinding lambung," sebutnya.

 

Ia juga menambahkan, penderita sakit maag juga harus menghindari beberapa sumber karbohidrat. Antara lain, beras ketan, mi, bihun, jagung, ubi singkong, talas, gandum dan dodol."Alkohol, cokelat, makanan tinggi lemak, dan gorengan juga dihindari karena dapat melemahkan klep kerongkongan bawah, sehingga menyebabkan cairan lambung naik ke kerongkongan," pungkasnya.(BS03)

 


Tag: