Kesehatan

Panglima TNI: Tegakkan Prokes Melalui Pendekatan Kultural dan Kearifan Lokal



Panglima TNI: Tegakkan Prokes Melalui Pendekatan Kultural dan Kearifan Lokal
BERITASUMUT.COM/IST

Beritasumut.com - Untuk menekan dan menurunkan kasus positif Covid-19 di Kaltara, TNI-Polri bersama Pemerintah dan segenap komponen masyarakat harus menegakkan disiplin Protokol Kesehatan (Prokes) melalui Pendekatan kultural dan kearifan lokal. Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto SIP, saat memimpin rapat bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) terkait penanganan Covid-19 di wilayah Tarakan dan Berau, Kalimantan Utara, Jumat (06/08/2021).

Kegiatan diawali dengan Sambutan Gubernur Kaltara Drs Zainal Arifin Paliwang SH MHum, yang menjelaskan terkait dinamika penanganan dan laju kasus Covid-19 di Kalimantan Utara. Usai memimpin rapat, Panglima TNI bersama Kapolri Jenderal Pol Drs Listyo Sigit Prabowo MSi, melanjutkan pengecekan aplikasi Silacak dan Inarisk yang berada di Gedung Crew Lanud Anang Busra Tarakan, Kalimantan Utara.

Lebih lanjut Panglima TNI mengatakan bahwa strategi untuk menekan angka positif Covid-19 adalah 3 M dan 3 T (Testing, Tracing dan Treatment), disamping itu target vaksinasi yang ditetapkan oleh pemerintah. “Optimalkan 3T dan infokan kasus sesegera mungkin guna mencegah memburuknya kondisi untuk menekan angka kematian di Kaltara,” ungkapnya.

Baca Juga : Panglima TNI Cek Kemampuan Petugas Tracer Aplikasi Silacak

Panglima TNI menyampaikan bahwa Tracing kontak erat harus dilaksanakan dan persiapan Isoter harus dimaksimalkan, tentunya harus dengan dukungan yang sesuai kebutuhan bagi pasien yang melaksanakan Isoter tersebut. “Para Pejabat TNI-Polri di lapangan harus dengan semangat membantu Pemerintah Daerah,” katanya.


Tag: