Kesehatan

Nawal Lubis Ajak Masyarakat Tanjungbalai Tetap Gemar Makan Ikan, Ikan Kaya Gizi dan Cegah Stunting



Nawal Lubis Ajak Masyarakat Tanjungbalai Tetap Gemar Makan Ikan, Ikan Kaya Gizi dan Cegah Stunting
beritasumut.com/BS03

beritasumut.com - Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengajak seluruh masyarakat Kota Tanjungbalai tetap gemar makan ikan. Karena ikan kaya protein dan gizi, serta dapat mencegah stunting.

Hal tersebut disampaikan Nawal Lubis pada acara Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Pelataran Pelabuhan Teluk Nibung, Kota Tanjungbalai, Rabu (07/09/2022). "Ayo tetap makan ikan, dan jangan pernah bosan makan ikan. Saya yakin di sini semua orang makan ikan, gemar makan ikan. Itulah hebatnya Kota Tanjungbalai," kata Nawal Lubis.

Makan ikan, menurut Nawal, banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan dapat mencegah stunting. Karena ikan mengandung banyak protein dan gizi, yang sangat dibutuhkan anak-anak untuk petumbuhannya.

Nawal mengapresiasi prevalensi stunting di Kota Tanjungbalai yang sudah berada di angka 17%. Namun menurutnya, hal tersebut masih dapat dimaksimalkan lagi melalui kampanye Gemarikan dan memperkuat koordinasi dengan Forkopimda setempat.

Selain faktor makanan sehat, stunting juga bisa dicegah dengan memerhatikan sanitasi yang baik, serta Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Untuk itu, Nawal mengajak seluruh pihak untuk mengedukasi masyarakat mengenai sanitasi dan PHBS.

Pada kesempatan itu, Nawal juga menyapa warga dan anak-anak yang hadir. Bahkan Nawal sempat bertanya kepada salah satu anak kecil, tentang nama ikan yang dimakannya tadi pagi. Spontan anak tersebut menjawab, tadi pagi ia makan ikan senangin.

Nawal pun takjub dengan pengetahuan anak-anak Tanjungbalai tentang ikan. “Anak-anak Tanjungbalai memang hebat-hebat. Termasuk pengetahuannya tentang ikan,” ungkap Nawal.


Tag: