Kesehatan

Kasus Covid-19 di Sumut Terus Menurun, Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Jaga Prokes



Kasus Covid-19 di Sumut Terus Menurun, Pemerintah Minta Masyarakat Tetap Jaga Prokes
BERITASUMUT.COM/ILUSTRASI

Beritasumut.com - Kasus Covid-19 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) khususnya Kota Medan terus menunjukan penurunan yang signifikan. Di Medan sendiri, saat ini kasus hariannya yang didapat, tidak lagi mencapai 200 orang per hari.

Kendati demikian, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan dr Mardohar Tambunan mengingatkan kepada masyarakat agar tidak kendor menjalankan protokol kesehatan (prokes). Hal ini, kata dia, supaya kegiatan-kegiatan masyarakat dapat segera kembali normal.

"Tapi gitu dia masalahnya jika dibilang turun, langsung kendor prokes. Jadi ayok lah taat prokes, pakai masker, jaga jarak, cuci tangan dan hindari kerumunan. Kita ini tinggal sikit (sedikit) laginya kasusnya, jadi masyarakat harus ikut berpartisipasi dalam hal ini," ungkapnya kepada wartawan, Minggu (12/09/2021).

Baca Juga : Polresta Deli Serdang Gelar Vaksinasi Covid-19 Tahap ke-II Mulai Hari Ini

Sementara itu, Ketua Bidang Hubungan Antar Lembaga MD KAHMI Medan, dr M Fauzi Siregar SpOnk Rad mengingatkan, agar penurunan kasus yang terjadi jangan langsung membuat cepat berpuas diri, melainkan harus meningkatkan lagi disiplin prokes karena pandemi belum selesai. "Jangan sampai muncul varian baru. Saya kira langkah-langkah yang perlu diintensifkan lagi kedepannya, termasuk terus melakukan sosialisasi prokes. Dengan demikian masyarakat mengetahui bagaimana menghindari terinfeksi virus. Selain itu cakupan dan laju vaksinasi harus dipercepat supaya terbentuknya herd immunity," imbuhnya.

Dalam menekan angka penyebaran, Fauzi menambahkan agar banyak elemen masyarakat yang dilibatkan. Karena dengan melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, diharapkan membuat masyarakat patuh dan mau aktif menjalankan prokes serta mengikuti vaksinasi.

Informasi diperoleh, bahwa angka Bed Occupancy Rate (BOR) di Kota Medan yang selama ini berada di angka 60 persen kini telah turun menjadi 56 persen. Begitu juga dengan jumlah warga yang terpapar Covid-19 di lima kecamatan zona merah yakni Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Selayang, Medan Sunggal dan Medan Helvetia juga telah berkurang dan hingga kini belum ada pertambahan kecamatan baru yang masuk zona merah.

Terpisah, di Provinsi Sumut sendiri, penambahan kasus harian baru yang diperoleh pada Minggu (12/09/2021) hanya sebanyak 281 kasus menjadi total 101.749 orang. Kemudian untuk angka kesembuhan didapatkan 527 orang, sehingga total menjadi 89.570 orang. Selanjutnya untuk kasus kematian didapatkan 14 orang menjadi total 2.592 orang. Untuk itu, melalui data tersebut maka saat ini berjumlah 9.587 atau menurun 260 kasus dari hari sebelumnya 9.847 orang. (BS06)


Tag: