Kesehatan

Kapolda Sumut Minta Aktifkan Posko PPKM Cegah PMK



Kapolda Sumut Minta Aktifkan Posko PPKM Cegah PMK
beritasumut.com/BS04

beritasumut.com - Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol RZ Panca Putra Simanjuntak meminta untuk mengaktifkan Posko PPKM untuk mencegah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak. Hal ini disampaikannya, saat mengikuti rapat koordinasi bersama Forkopimda di Kantor Gubernur Sumut, Selasa (28/06/2022).

"Dalam rapat koordinasi ini, saya meminta untuk mengaktifkan Posko PPKM di 16 Kabupaten yang terdapat kasus PMK. Untuk Dinas Kesehatan dan Peternakan harus siap 24 jam mengecek dan menerbitkan surat keterangan sehat hewan ternak," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Panca juga mengajak seluruh stakeholder merapatkan barisan untuk mengantisipasi penularan PMK agar tidak meluas. Karenanya, Satgas yang telah dibentuk untuk aktif mendata hewan ternak dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta mempercepat vaksinasi terhadap hewan ternak.

"Untuk itu sebelum H-3 Idul Adha Tim kesehatan dari Pemda, TNI, Polri, MUI, Dinas Kesehatan, Dinas Peternakan akan turun di lima wilayah memeriksa ke pasar-pasar memastikan daging yang dijual sehat dan layak konsumsi," tegasnya.

Panca mempaparkan, berdasarkan data terkini perkembangan kasus PMK di Sumut ditemukan 11.717 kasus di 89 kecamatan dan 244 desa. Untuk hewan ternak yang sembuh dari PMK sebanyak 6.594 ekor dan hewan ternak yang sakit 5.065 ekor.

"Sedangkan hewan ternak mati karena PMK sebanyak 17 ekor serta hewan terpaksa dipotong sebanyak 41 ekor," bebernya.


Tag: