Kesehatan

Kabupaten Dairi Turun Zona Orange, Kota Medan Kembali Berstatus Zona Merah



Kabupaten Dairi Turun Zona Orange, Kota Medan Kembali Berstatus Zona Merah
BERITASUMUT.COM/BS09

Beritasumut.com - Sempat bertahan selama beberapa waktu di zona oranye (risiko sedang), Kota Medan akhirnya kembali ditetapkan sebagai daerah berzona merah (risiko tinggi) Covid-19. Di waktu yang sama, Kabupaten Dairi yang sebelumnya menyandang sebagai satu-satunya daerah di Sumut dengan zona merah, kini statusnya diturunkan menjadi zona orange.

Informasi diperoleh pada Selasa (08/06/2021), penetapan status zonasi risiko Covid-19 tersebut dilakukan melalui hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah perbatasan per 6 Juni 2021, yang diperbaharui secara mingguan oleh Satgas Penanganan Covid-19 pusat melalui lamanCovid19.go.id/peta-risiko.

Sebagaimana diketahui, peta zonasi risiko daerah ini dihitung berdasarkan indikator-indikator kesehatan masyarakat baik berupa epidemiologi, yaitu penurunan jumlah kasus positif, suspek dan sebagainya.

Baca Juga : Brimob Lakukan Penyemprotan Disinfektan Skala Besar di Dairi

Dalam data yang diperbaharui kali ini, untuk zona orenge terdapat 19 Kabupaten/Kota termasuk di dalamnya Kabupaten Dairi. Kemudian terdapat juga Tanjungbalai, Tebingtinggi, Pakpak Bharat, Samosir, Deliserdang, Tobasa, Sibolga, Sergai, Batubara, Gunung Sitoli, Tapsel, Karo, Simalungun, Binjai, Padangsidimpuan, Labura, Taput dan Langkat.


Tag: